Salak Tower Hotel Gelar Pelatihan Simulasi Kebakaran | Portal Berita Bogor

Salak Tower Hotel Gelar Pelatihan Simulasi Kebakaran

Salak Tower Hotel Gelar Pelatihan Simulasi Kebakaran

 

SALAK TOWER HOTEL GELAR PELATIHAN SIMULASI KEBAKARAN

KOTA BOGOR – BogorBagus.com

Salak Tower Hotel mengadakan pelatihan Simulasi kebakaran bagi para karyawannya, sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran. Pelatihan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari upaya rutin menjamin keselamatan dan keamanan hotel, terutama terhadap keselamatan tamu yang sedang menginap di hotel. Seluruh karyawan dilibatkan, baik bagian operasional maupun non-operasional.

Sebelum dilaksanakan Pelatihan, terlebih dahulu seluruh karyawan dibekali materi tentang cara-cara menangani terjadinya kebakaran oleh kepala Damkar kota Bogor. Materi yang diberikan meliputi pengenalan ilmu dasar berkaitan dengan bencana kebakaran dan contoh sederhana penggunaan alat-alat pemadam kebakaran yang ada di hotel, seperti apar, hydrant, sprinkle, dan fire blanket. Pelatihan dilengkapi dengan materi tentang langkah-langkah keselamatan dan keamanan dalam menangani keadaan darurat. Terutama saat menghadapi kebakaran secara cepat dan tenang.

Simulasi dimulai dari adanya titik api yang berasal dari lantai lobby dan lantai 9 yang tidak berhasil dijinakkan dalam tindakan awal pemadaman oleh tim Engineering dan Keamanan Salak Tower Hotel, bahkan setelah tim menggunakan hydrant. Segera General Manager memberikan perintah tim Engineering dan Keamanan Salak Tower Hotel untuk menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bogor, yang datang beberapa saat setelah menerima panggilan.

Kemudian bersama petugas Damkar Kota Bogor, dibantu mobil tangga hidrolik dan beberapa unit mobil, upaya penanganan kebakaran yang melibatkan karyawan Salak Tower Hotel mengevakuasi tamu. Dalam waktu sekitar satu jam akhirnya api berhasil dipadamkan dan seluruh tamu serta karyawan hotel berhasil dievakuasi.

General Manager Salak Tower Hotel, Fakhrul Roji pada kesempatan tersebut menjelaskan, “Pelatihan Simulasi selain memberikan pengetahuan kepada seluruh karyawan juga untuk meningkatkan kemampuan karyawan saat menghadapi situasi darurat. Pada pelatihan ini kami melibatkan seluruh karyawan hotel agar mereka tanggap dengan apa yang harus dilakukan saat terjadi kebakaran. Latihan ini akan dilakukan secara berkala, agar karyawan tidak panik dan dapat berkoordinasi dengan baik antar departemen,” ungkapnya disela pelatihan berlangsung di Salak Tower Hotel, Kamis (4/1/2018).

“Dengan adanya Pelatihan ini, kami ingin meningkatkan kesadaran dan kesigapan karyawan akan penanganan bencana kebakaran. Dan memastikan bahwa keselamatan tamu dan karyawan merupakan hal paling utama,” imbuh Fakhrul Roji pula.

Dia juga menambahkan, “Selain memiliki hydran, Salak Tower Hotel juga dilengkapi APAR hingga detektor asap. Setiap kamar juga dilengkapi Water Sprinkle yang jika terjadi kebakaran dalam kamar maka alat itu akan menyemprotkan air sebagai penanggulangan pertama sebelum tim rescue tiba,” tutupnya. (Lekat/Jam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan