Menjadi Relawan Peace Corps di Indonesia Menyenangkan

NASIONAL378 Dilihat
banner 468x60

Menjadi Relawan Peace Corps di Indonesia Menyenangkan

BogorBagus.Com.

banner 336x280

Desa Sukamaju Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor, dan Sekolah MAN 3 mendapatkan guru relawan dari Amerika. Pelaksanaan kegiatan Peace Corps di Indonesia berada di tiga provinsi pada saat ini yaitu Jawa Timur, Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat khususnya di Jawa Barat penanggungjawab kegiatan Peace Corps adalah Abur Mustikawanto dari Dinas Pendidikan Provinsi. Kegiatan Peace Corps sebetulnya suada ada sejak orde lama namun baru kembali digairahkan kembali diera pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudoyono tepatnya pada tahun 2010 dimana pada saat itu dibuat kerangka Comprehensive Partnership antara Republik Indonesia dan Amerika Serikat yang diluncurkan pada tahun 2010 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Barrack Obama. Melalui program Peace Corps, pemerintah Amerika Serikat mengirimkan relawan-relawan terpilihnya ke Indonesia untuk mempererat hubungan antara masyarakat Amerika Serikat dan masyarakat Indonesia melalui pengajaran Bahasa Inggris di sekolah/madrasah (people to people contact).
IMG-20170328-WA0000

Peace Corps sendiri adalah badan pemerintah Amerika Serikat yang independen yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman bersama antara rakyat Amerika dan masyarakat dunia lainnya. Peace Corps didirikan pada tahun 1961 dan telah melakukan kegiatan di lebih dari 70 negara dengan bekerjasama dengan berbagai pihak, misalnya pemerintah, sekolah, pengusaha, institusi pendidikan dan kesehatan, jaringan kegiatan penanggulangan HIV/AIDS, teknologi informasi, pertanian, dan lingkungan hidup. Program Peace Corps pernah dilaksanakan di Indonesia pada masa Orde Lama melalui MoU yang ditandatangani pada tanggal 8 Maret 1963 dan mulai dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 1963. Program ini kemudian berhenti pada tahun 1965 seiring dengan terjadinya ketegangan politik di Indonesia, Setelah 40an tahun terhenti program kegiatan ini kembali menggeliat dan pembicaraan mengenai Peace Corps kembali dibuka pada tahun 2006 dimana Pemerintah Amerika Serikat, melalui Duta Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta, menyampaikan tawaran program Peace Corps kepada Pemerintah Indonesia. Pembicaraan tentang kerjasama Peace Corps semakin intensif setelah terpilihnya Barrack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat.

Indonesia mengharapkan kerjasama Peace Corps dilandasi prinsip yang menekankan kesetaraan posisi dan manfaat yang diperoleh. Dari segi kesetaraan posisi, kedua pihak mempunyai hak dan kewajiban yang sama sebagaimana telah dicantumkan dalam Paris Declaration dan the Jakarta Commitment. Dari aspek manfaat, selayaknya kedua belah pihak memperoleh manfaat yang bersifat resiprokal. Memorandum of Understanding (MoU) antara Indonesia-Amerika Serikat tentang Peace Corps telah ditandatangani pada tanggal 11 Desember 2009, sedangkan dokumen Implementing Arrangement (IA) atau pengaturan pelaksanaan program telah ditandatangani masing-masing oleh Peace Corps dan Kementerian Pendidikan Nasional (kemudian menjadi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dan Kementerian Agama pada tanggal 15 Juni 2011.

Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan selama pelaksanaan kegiatan Peace Corps di Indonesia antara lain adalah : Memberikan fasilitasi bagi koordinasi internal pemerintah Indonesia, dan memberikan fasilitasi bagi koordinasi antara Pemerintah Indonesia dengan USAID selaku representasi Peace Corps sebelum Peace Corps masuk dalam daftar kerjasama teknik, Bersama-sama dengan instansi pemerintah terkait dan USAID melakukan pemantauan dan evaluasi atas pelaksanaan program Peace Corps di Indonesia. Hingga tahun 2015, pelaksanaan program Peace Corps di Indonesia telah menginjak tahun keenam sejak program ini dimulai pada tahun 2010. Program Peace Corps telah berjalan dengan baik dan melibatkan koordinasi yang kuat di antara Pemerintah Indonesia dan Peace Corps.
“Adapun kegiatannya adalah kegiatan bersama antara Kementerian Pendidikan Republik Indonesia, BAPPENAS dan Peace Corps telah bekerja sangat erat selama tahap awal dalam pengembangan program. Pada awalnya semua sukarelawan Peace Corps melayani Provinsi Jawa dan di indonesia baru di bidang pendidikan yaitu mengajar kan bahasa Inggris, salah satu nya nya Samantha Corolues yang sudah 8 bulan di Indonesia yaitu di MAN 3 Bogor yang berlokasi di Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor, kontrak di sana 2 tahun dan bisa diperpanjang 1 tahun, jadi maksimal 3 tahun namun ketika relawan tidak bisa melanjutkan karna hal-hal atau sesuatu bisa juga meninggalkannya dan di indonesia juga akan di tambah kegiatan di bidang agri kultural/pertanian di wilayah Kabupaten Bogor, saat ini ada 3 sekolah yang mendapatkan relawan. Dan untuk mendapat kan relawan bisa mengajukan ke ke Depag dan juga bisa meminta rekomendasi dari relawan yang ada” pungkas Mrs. Samantha Caroules, yang disampaikan kepada awak media dan salah satu pengajar bahasa inggris di MAN Jonggol mengatakan sangat senang dan bersyukur dengan ada nya relawan ini, karena membuat anak murid nya semakin semangat mengikuti pelajaran.
Sasaran relawan sekolah-sekolah yang sedang berkembang kategorinya, lucu nya ketika Mrs Samantha baru hadir di MAN Bogor banyak sekali ibu murid yang sekedar foto selfi, bak layak nya artis, “saya berharap beliau kalau betah tinggal terus di Indonesia dan mengajar disini” tutur sang guru tersebut, Senin (27/03). (eko)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan