Wakil Ketua MPR RI : Pemimpin yang Bijak Adalah Pemimpin yang Mau Mendengar | Portal Berita Bogor

Wakil Ketua MPR RI : Pemimpin yang Bijak Adalah Pemimpin yang Mau Mendengar

Wakil Ketua MPR RI : Pemimpin yang Bijak Adalah Pemimpin yang Mau Mendengar

Surabaya – BogorBagus.com.

Wakil Ketua MPR RI di hadapan warga Jawa Timur yang datang dari berbagai kabupaten dan kota, Surabaya, Jawa Timur, Oesman Sapta mengatakan sekarang ini banyak orang yang ingin menjadi kepala daerah bahkan ingin menjadi Presiden. 

Dari keinginan tersebut, Oesman Sapta bertanya apakah mereka sudah mengukur kemampuan dan kapasitasnya. Untuk menjaring seseorang menjadi pemimpin, menurut Oesman Sapta, perlu ada mekanismenya. Mekanisme menjaring pemimpin dikatakan jangan sampai dilanggar. “Mereka pun sering berjanji sebab merasa menang,” ujarnya. Pemimpin yang bijak menurut Oesman Sapta adalah pemimpin yang mau mendengar suara rakyat. “Bila ada rakyat datang, layani dengan baik,” ucapnya, Minggu (30/07).

Dalam kesempatan itu, Oesman Sapta memuji sikap masyarakat Jawa Timur yang penuh keterbukaan dan mempunyai tekad untuk maju. “Api perjuangan ada di Jawa Timur,” paparnya. “Jawa Timur banyak melahirkan pahlawan,” tambahnya. Sikap masyarakat Jawa Timur yang demikianlah yang ditiru oleh Oesman Sapta.

Ditambahkan, masyarakat harus memegang filosofi Jawa yang berbunyi, “ojo rumongso biso, nanging biso’o rumongso.” Diakui saat ini banyak orang yang merasa bisa tetapi tak bisa merasakan apa yang dirasakan rakyat. “Gunakan hati nurani untuk menyentuh perasaan rakyat,” tambahnya.

Untuk itu Oesman Sapta ingin sistem pencarian pemimpin yang ada harus memenuhi kriteria yang bisa dipertanggungjawabkan dan diukur. “Saya tak mau asal bapak senang,” ucapnya. (Red/AJ)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan