Tingkatkan Kualitas dan Optimalkan Peran LKS, Dinsos Kab. Bogor Adakan Bimbingan Sosial dan Akreditasi LKS | Portal Berita Bogor

Tingkatkan Kualitas dan Optimalkan Peran LKS, Dinsos Kab. Bogor Adakan Bimbingan Sosial dan Akreditasi LKS

 

Kabupaten Bogor – BogorBagus.com.
Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di kabupaten Bogor, Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten Bogor mengadakan Kegiatan Bimbingan Sosial dan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial Tahun 2019 bagi Organisasi sosial, Panti dan Yayasan sosial, yang dilaksanakan di Hotel The Rizen Cisarua, kabupaten Bogor, Selasa (26/2/2019).

Kegiatan yang diikuti 80 orang peserta perwakilan dari LKS dan menghadirkan Narasumber dari Badan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial Nasional (BALKSN), Bappeda Litbang kab. Bogor serta Kemensos RI tersebut, mengangkat tema “LKS terakreditasi siap memberikan pelayanan kesejahteraan sosial berkualitas”.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial Dinsos kab. Bogor dalam keterangannya mengatakan, tujuan utama diadakannya kegiatan Bimbingan Sosial dan Akreditasi LKS ini, karena dikhawatirkan ditemukan kejadian di lapangan ada LKS atau Panti bodong yang berdiri dan mendapatkan donasi yang terus mengalir.

“Akan tetapi, dana yang mengalir diduga disalahgunakan, bukan disalurkan untuk kepentingan penerima manfaat,” demikian dijelaskan Dra. Lenny Rachmawati, M.Si., ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa Sore.

Menurut Lenny, untuk mewujudkan visi kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban, perlu melibatkan berbagai sektor dalam hal meningkatkan kesejahteraan sosial di kabupaten Bogor.

“Untuk itu harus dilaksanakan secara kolektif antara pemerintah dan masyarakat, baik perorangan maupun yang terorganisir dalam bentuk Lembaga kesejahteraan sosial/Orsos/Panti/Yayasan sosial,” tandasnya.

Disatu sisi lanjut Lenny, LKS di kabupaten Bogor dalam perkembangannya cukup tinggi, namun di sisi lain berpotensi menjadi permasalahan di lapangan dalam memberikan pelayanan sosial.

“Jadi, untuk menjaga kualitas dan mengoptimalkan peran LKS, salah satunya adalah dengan Akreditasi,” tegas Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos kab. Bogor.

(Broolek)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan