Tingkatkan Keterampilan, Dinsos Kab. Bogor Latih Penyandang Disabilitas di Bidang Tata Boga | Portal Berita Bogor

Tingkatkan Keterampilan, Dinsos Kab. Bogor Latih Penyandang Disabilitas di Bidang Tata Boga

 

KABUPATEN BOGOR, BogorBagus.com – Pemerintah Pusat telah mencanangkan ‘Peningkatan Sumber Daya Manusia’ sebagai program prioritas dalam rangka peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat. Hal itu sejalan dengan Panca Karsa Bupati Bogor, terutama Karsa Bogor Cerdas dan Karsa Bogor Maju.

Maka, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan Wawasan, Pengetahuan dan Keterampilan bagi para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial Penyandang Disabilitas.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor Drs. Rustandi, M.Si., saat membuka kegiatan Bimbingan Rehabilitasi Sosial dan Pelatihan keterampilan bagi Penyandang Disabilitas, Senin (23/9/2019) di Balai Kesejahteraan Sosial (BKS) Puspanegara Citeureup Kabupaten Bogor.

Ia pun menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian pemerintah kabupaten Bogor agar mereka (penyandang disabilitas-red) mampu membangun kepercayaan diri dan dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki, terutama di bidang Tata Boga. Sehingga mereka kelak mampu hidup mandiri dan berkehidupan yang layak di tengah-tengah lingkungan sosialnya.

“Oleh karena itu, peran aktif dari berbagai pihak amat sangat dibutuhkan guna mendorong tumbuh kembangnya usaha mereka,” ujar Rustandi.

“Mengingat kabupaten Bogor memiliki potensi pasar yang cukup dominan terutama di bidang Pariwisata dan Industri, kata Rustandi, tentunya kalau betul betul dimanfaatkan akan bisa dijadikan tempat pemasaran produk Tata Boga mereka,” tandasnya.

Di tempat yang sama Drs. Dian Mulyadiansyah, M.M., Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial pada Dinsos Kabupaten Bogor sedikit menambahkan bahwa, hingga kini populasi penyandang disabilitas di kabupaten Bogor berjumlah 2103 jiwa, dan tersebar di 40 kecamatan dengan jenis disabilitas Mental, Intelektual, Sensorik dan disabilitas fisik.

“Pada kegiatan pelatihan yang akan berlangsung selama 5 Hari ini, diikuti sebanyak 20 orang penyandang Disabilitas, di antaranya 3 orang dari kecamatan Citeureup, 5 orang dari kecamatan Cibinong dan 1 orang dari kecamatan Cigudeg, serta 11 orang utusan LKS Difable Action, dengan jenis 11 orang Disabilitas fisik dan 9 orang Disabilitas Sensorik,” jelas Dian.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan