Tim RS Marzuki Mahdi Berhasil Evakuasi 18 ODGJ Dari Sukabumi dan Pelabuhan Ratu, Inilah Kisahnya | Portal Berita Bogor

Tim RS Marzuki Mahdi Berhasil Evakuasi 18 ODGJ Dari Sukabumi dan Pelabuhan Ratu, Inilah Kisahnya

Tim RS Marzuki Mahdi Berhasil Evakuasi 18 ODGJ Dari Sukabumi dan Pelabuhan Ratu, Inilah Kisahnya

Tim RS Marzuki Mahdi Berhasil Evakuasi 18 ODGJ Dari Sukabumi dan Pelabuhan Ratu, Inilah Kisahnya.

Kota Bogor-BogorBagus.com.
Sebanyak 18 Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) berhasil di evakuasi ke RS Marzuki Mahdi Bogor, mereka berasal dari daerah Sukabumi dan Pelabuhan Ratu, namun dalam tugas tersebut Tim Evakuasi mempunyai kesan mendalam saat perjalanan, inilah kisah yang dialami Tim Evakuasi, dan serah terima 29 ODGJ Paska Rawat, Selasa (28/02/2018).

Inilah kronologinya, redaksional ditulis oleh salah satu Anggota dari Tim Evakuasi, :

Hujan lebat mengguyur Kota Bogor, sejak semalam sampai dini hari, sejenak teringat tugas menanti di minggu keempat penghujung bulan yaitu Senin 26 Februari 2018, yaitu “Serah Terima 29 ODGJ Paska Rawat di RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi & Evakuasi 18 ODGJ dari LKS Aura Welas Asih Pelabuhan Ratu Sukabumi”.

Tiba di KJM & PKRS, Satu persatu Pasien di dipanggil dari ruang Subadra, Utari, Bratasena, Antareja, Abimanyu, Saraswati, Dewi Amba, Gatotgaca, Yudistira dll, dikumpulkan untuk di data : “Nama Pasiennya, Nomor Rekam Medisnya, Ruang rawatnya, Surat kontrolnya dan Obat obatan” yang disertakan untuk diserahterimakan ke tempat tujuan.

Tepat pada pukul 07.30 WIB, 29 ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) sudah terkumpul dan masuk ke kendaraan, 2 ODGJ masuk ambulance dan 27 ODGJ masuk Bis rumah sakit dengan diawali doa bersama, agar dalam perjalanan yg panjang ini kami semua di berikan semangat dan kekuatan demi menunaikan tugas sekaligus amanah yg mungkin tidak terbayangkan oleh sebagian orang.

Lelah, letih, mual, pusing tak terkira dirasakan oleh 11 Petugas Instalasi Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (KJM & PKRS) Rs.Dr.H. Marzoeki Mahdi Bogor yg membawa 29 ODGJ paska rawat yang diantaranya masih perlu pengawasan. Alhasil dari 30 kapasitas kursi bus yg kami pergunakan, hampir semua terusi oleh ODGJ. Alhamdulilah dengan ikhlas dan penuh semangat 3 petugas berdiri, dan 2 petugas duduk di Tangga bis.

Menurut pribahasa “Mujur tak dapat diraih, Malang tak bisa ditolak” selama perjalaman berlangsung, ternyata 5 ODGJ muntah di bus, dan 1 petugas nyaris muntah. Akhirnya sy menghubungi pak Umar memohon ijin untuk istirahat sekedar membersihkan bus dan sekaligus menyerahkan cendramata kalender 2018 RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi Bogor ke PSBL Phalamarta Cibadak Sukabumi.

Setelah sekitar 1/2 jam istirahat, kami melanjutkan perjalanan kembali dengan semangat yang tersisa dengan asupan nasi box yg disiapkan Ibu Enung dan team dari Istalasi Gizi RSMM.

Setelah penantian yg panjang selama 4.5 jam perjalanan, akhirnya tibalah ke tempat yg dituju yaitu LKS Aura Welas Asih Panti Rehabilitasi Jiwa paska rawat RS di Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa barat.

Di LKS Aura Welas Asih ternyata persiapan telah dilakukan untuk menyambut 29 ODGJ dan petugas, yaitu dengan menyiapkan kursi, meja pemeriksaan dan tak lupa snack dan makan siangpun telah disiapkan bapak Deny Solang selaku pimpinan panti “Rejeki Anak Soleh”.

Akhirnya kamipun memulai acara dengan dilakukannya serah terima 29 ODGJ paska rawat secara simbolis dan Photo Bersama antara Petugas RSMM, 29 ODGJ dan Petugas LKS dan ditutup sementara dengan makan dan Sholat Duhur Bersama “Indahnya Kebersamaan”.

Sesaat kemudian, kegiatanpun berlanjut dengan Pemeriksaan oleh dr. Sucipto, SpKJ. M.Kes ke 18 ODGJ yg akan dilakulan evaluasi dan perawatan ke RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi yg terdiri dari 12 ODGJ Laki-laki dan 6 ODGJ Perempuan yang rencananya akan dilakukan perawatan : 4 ODGJ di ruang Dewi Amba, 4 ODGJ diruang Bratasena, 5 ODGJ diruang Kresni, 1 ODGJ ke Ruang Subadra, 3 ODGJ diruang Antareja & 1 ODGJ diruang Gatotgaca, dengan menggunakan jaminan rawat Jamkesda yang didukung penuh oleh Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Sukabumi yaitu sebanyak 14 Pasien, 3 ODGJ dengan jaminan KIS dan 1 ODGJ dengan jaminan BPJS kelas 3.

Karena hasil pemeriksaan ditemukan ada ODGJ yg dalam kondisi gelisah, ahirnya 5 ODGJ dilakukan injeksi obat penenang yang telah di siapkan ibu Euis dan team di Instalasi Farmasi.

Setelah pemeriksaan ke 18 ODGJ dan Injeksi ke 5 ODGJ dilakukan, maka akhir sesi acara di LKS Aura Welas Asih ditutup dengan Photo Bersama antara Petugas RSMM, 18 OODGJ dan Petugas LKS dengan Jargon yang khas yaitu Stop Pasung dengan mengangkat dan melebarkan 5 jari tangan kiri ke depan dan Sehat Jiwa dengan mengepalkan tangan kanan keatas sambil berteriak “Sehat Jiwa”.

Setelah rangkaian acara selesai, akhirnya 17 ODGJ dibawa masuk ke Bus dan 1 ODGJ ke dalam Ambulance.
Tepat pada pukul 14.30 WIB kami pun memulai kembali perjalanan panjang kembali ke RSMM dengan membawa 18 ODGJ dengan semangat yang tersisa akhirnya tepat pada pukul 20.00 WIB team tiba di RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi Bogor dan langsung membawa ODGJ masuk ruang rawat sesuai dengan hasil assesment dan pemeriksaan psikiater.

Sesuai Misi RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi Bogor yaitu “Menjadi Rumah Sakit Rujukan Jiwa Nasional” maka kegiatan ini didukung penuh oleh dr. Bambang Eko Sunaryanto, SpKJ. MARS selaku Direktur Utama, dr. Siti Khalimah, SpKJ. MARS sekaku Direktur Medik dan Keperawatan, Kepala Bidang Medik, Kepala Bidang perawatan, Kepala Instalasi dan tak lupa team Serah Terima 29 ODGJ dan Evakuasi 18 ODGJ :
1.dr. Sucipto, SpKJ. M.Kes.
2.Ns.I Ketut Sudiatmika, S.Kep. M.Kep, Sp.Kep.J. 3.Iyep Yudiana, SKM. MKM.
4.Lilin Darmiyanti, S.Sos. M.Kesos.
5.Sugih Setia Raharja, SMK. MM. 6.Desy Herawati, SKM. MH.Kes. 7.Armelia Rahmi Kartika Dini, Psi. 8.Andriyati Ginting, SKM.
9.Budi Santosa, AMD,
10.Muhamad Safei Tabrani, AMK.
11.Helmi (driver).
12.Iwan / Ijuy (driver).

(Red- Iyep Yudiana)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan