Sistem Pelayanan Online Dinsos Kab. Bogor, Permudah Dalam Pelayanan Masyarakat | Portal Berita Bogor

Sistem Pelayanan Online Dinsos Kab. Bogor, Permudah Dalam Pelayanan Masyarakat

Sistem Pelayanan Online Dinsos Kab. Bogor, Permudah Dalam Pelayanan Masyarakat

Kabupaten Bogor-BogorBagus.com.

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor kini menggunakan Sistem Pelayanan Online yang nantinya disitu ada komputer yang sudah ada sistem berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT). Kita akan mengecek apakah orang itu ada di BDT atau tidak, bagi yang sudah masuk di BDT, apa saja pelayanan yang sudah didapat, misalnya bantuan Rastra, PKK dan bantuan lainnya.

“Sedangkan bagi yang belum, kita akan musyawarahkan dan memberikan solusi agar orang tersebut masuk ke BDT, sehingga nantinya jika mendapat keluhan, pihak Dinsos Kab. Bogor dapat mengakomodirnya,” demikian dijelaskan Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosisl Dinsos Kabupaten Bogor Dra. Lenny Rachmawati, MM ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (7/12/2018).

“Sementara untuk Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) sendiri memang sudah ada aturannya hanya untuk 40 orang, artinya dari satu kecamatan 1 orang,” imbuhnya.

Lebih lanjut Lenny Racmawati mengungkapkan, Dinsos Kabupaten Bogor juga memiliki program Sistem Layanan Rujukan Terpadu yang merupakan program dari Kementerian Sosial RI, yang keberadaannya di Desa dengan nama Puskessos (Pusat Kesejahteraan Sosial).

Menurut Lenny, keberadaan Puskessos ini sendiri menjadi fasilitator untuk menampung keluhan-keluhan masyarakat di desa, selanjutnya Puskessos menghubungi supervisor TKSK, untuk diteruskan ke Dinsos melalui sistem pelayanan Online secara langsung.

“Bilamana ada keluhan dan kekurangan berkas, pihak Dinsos akan menghubungi Desa terlebih dahulu untuk melayani, ini semua upaya kita agar pihak Desa juga memiliki pelayanan terhadap masyarakatnya. Dengan demikian masyarakat tidak perlu jauh jauh datang ke Dinsos,” paparnya.

Selain itu masih menurut Lenny, sejauh ini Kabupaten Bogor sendiri baru memiliki dua petugas Puskessos yang sudah berjalan yaitu, Desa Cigudeg dan Desa Wanaherang Kecamatan Gunung Putri. Untuk Desa Pasilitator maupun Supervisor TKSK akan kita berikan iPod satu-satu untuk fasilitasnya.

Segera di tahun depan kita akan ada penambahan lagi, dan dari mereka dapat merujuk ke Supervisor TKSK di kecamatan masing masing.

“Perlu diketahui, masyarakat wajib memiliki KTP dan sudah masuk BDT, itu sebagai syarat utama untuk dapat dengan segera kita layani,” demikian kata Lenny sembari menutup pembicaraanya. (Lekat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan