Puskesmas Jasinga Periksa dan Obati 20 ODGJ bersama Psikiater RSMM Korelasi Dinkes dan Dinsos | Portal Berita Bogor

Puskesmas Jasinga Periksa dan Obati 20 ODGJ bersama Psikiater RSMM Korelasi Dinkes dan Dinsos

Jasinga – 40 peserta Kegiatan Pendampingan Psikiater yang terdiri dari pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Keluarga ODGJ, Kader Kesehatan Jiwa, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Pendamping Disabilitas Mental (PDM), Staf Puskesmas (PKM) Jasinga, tampak hadir memenuhi ruangan aula lantai 2 PKM Jasinga untuk mengikuti kegiatan Pendampingan Psikiater dan Penyuluhan Kesehatan Jiwa Masyarakat yang gelar atas kerjasama Dinkes & Dinsos Kab. Bogor melalui Puskesmas Jasinga bersama RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor, Kamis 12 September 2019, Pkl.10.00 WIB s.d selesai.


Puskesmas Jasinga yang terletak di Jl. Letnan Sayuti No.20 Desa Pamagersari Kec. Jasinga Kab. Bogor, di pimpin oleh dr. Nooralya sebagai Kepala Puskesmas dan Ferdian Meisugandi sebagai Programer Kesehatan Jiwa, baru selesai melewati Re Akreditasi puskesmas dari tgl 29 Juli s.d 2 Agustus 2019, dengan Aku Ramah ODGJ (Aksi Kunjungan Rumah ODGJ), yaitu pemberian layanan kunjungan rumah yang bisa dilakukan dalam 24 jam, sebagai layanan inovasi kesehatan jiwa puskesmas jasinga.

Dalam laporannya, puskesmas jasinga mencatat selama bulan januari sampai agustus, terdapat 45 pasien datang berobat ke PKM Jasinga, yang tersebar dari 7 wilayah kerja puskesmas yaitu Desa Jasinga, Setu, Cikopo Mayak, Pamagersari, Sipak, Pangradin dan Kalong Sawah.

Siti Latifah sebagai Kasie Pemberdayaan Kesejahteraan Masyarakat (PKM) Kec. Jasinga, yang hadir mewakili unsur kecamatan mengapresiasi Dinkes, Dinsos Kab. Bogor. “Puskesmas Jasinga dan RSMM yang telah bekerjasama memberikan pelayanan kesehatan jiwa bagi masyarakat kecamatan jasinga, melalui Kegiatan Pendampingan Psikiater dan Penyuluhan Kesehatan Jiwa Masyarakat bersama RSMM”, ujarnya.

Sementara Iyep Yudiana, sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat RSMM, langsung memberikan penyuluhan kesehatan jiwa dengan tema Penanganan ODGJ Paska Rawat di Masyarakat, dengan metode presentasi, diskusi tanya jawab, simulasi, game dan pemutaran video.

Dalam pemeriksaan kesehatan jiwa yang di lakukan oleh dr. Abdulaziez mufakhhir sebagai dokter puskesmas jasinga, yang didampingi oleh dr. Iriawan Rembak Tinambunan, Sp.KJ, sebagai Psikiater RSMM, telah berhasil memeriksa dan mengobati 20 ODGJ yang hadir, yang didampingi oleh keluarga atau kader keswa sampai kegiatan Pendampinan Psikiater dan Penyuluhan Kesehatan Jiwa Masyarakat bersama RSMM selesai.
(Red/iy)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan