Peternakan Sapi Bohay Andalan Abidzar

Tak Berkategori504 Dilihat
banner 468x60

Cibinong -BogorBagus.Com – Sebuah perkampungan yang nyaman di kawasan Pondok Rejeg, Cibinong Jawa Barat berdirilah bangunan peternakan sapi di atas kolam-kolam ikan. Setelah bertanya pada masyarakat setempat (19/2) akhirnya bertemu dengan pemiliknya. Ternyata pemiliknya masih tergolong muda bernama Abidzar Akman yang akrab disapa dipaggil masyarakat Abid.

Menurut Abid dia tergerak membuka usaha peternakan melihat kondisi masyarakat kita yang berjualan sapi di pinggir jalan dengan kondisi tidak sesuai dengan berat yang yang diharapkan oleh pembeli. Konsumen pembeli sapi banyak yang merasa dirugikan. Dengan kondisi membeli langsung di petenakannya yang mudah dijangkau para pembeli akan lebih banyak diuntungkan. Karena selain menyediakan sapi yang sehat dengan daging yang berkulitas tinggi, akan menguntungkan pembeli. Ditambah lagi dengan berat timbangan yang cukup dan sudah terkondisikan dengan baik.

banner 336x280

“Orang jualan sapi itu di pinggir jalan dan tidak terawat dengan baik. Sementara kita tahu untuk ibadah Qurban mensyaratkan salah satunya adalah harus hewan yang sehat. Selain itu kalau sapi yang dijual di pinggir jalan tampak stress.” Demikian Abid menjawab pertanyaan Jurnalis kenapa dia tertarik dengan usaha ternak sapi ini.

Lebih lanjut Abid menjelaskan “ Beratnya pun sudah tidak sesuai dengan DO (Delivery Order) atau nota pengantar. Karena DO-nya itu dari luar daerah. Dan banyak orang menjual jogrok atau per ekornya yang dipinggir jalan beratnya sudah tidak valid lagi alias berkurang jauh. Sebagai contoh ketika dari luar daerah masuk sapi tiga kwintal, ketika sampai disini timbangannya pasti beda.”

Abid juga menjelaskan bahwa sapi yang masuk ke peternakannya harus disuntik anti cacing terlebih dahulu. Sehingga sapi bebas dari penyakit cacing. Ketika ditanya tentang bantuan pemerintah, Abid menjelaskan bahwa Dinas Peternakan memeriksa kondisi kesehatan sapi, kandang dan perawatannya. Mereka juga menerbitkan Surat Kesehatan Hewan. Tentang kualitas sapi, Abid menjelaskan bahwa penjagal (pemotong sapi untuk dijual kembali) merasa puas dengan harga dan mutu daging sapinya.

Mereka pun sering membeli kembali lagi untuk membeli sapi. Artinya mereka juga mendapat manfaat dan keuntungan dengan membeli sapi di peternakan milik Abid.

Peternakan Abid dinamakan Sapi Bohay, juga tayang di web www.sapibohay.com memprioritaskan penggemukan sapi limosin, simetal, pegon atau peranakan limosin/simeta dan brangus. Kawasan dengan air drainase yang mengalir deras tampak asri untuk peternakan yang sehat dan tenang. (RAC)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan