Kerjasama Pemkab Tangerang Dengan RSMM Bogor Sukses Gelar Pelayanan Keswa dan Evakuasi 40 ODGJ ke Rumah Sakit | Portal Berita Bogor

Kerjasama Pemkab Tangerang Dengan RSMM Bogor Sukses Gelar Pelayanan Keswa dan Evakuasi 40 ODGJ ke Rumah Sakit

 

Tangerang – BogorBagus.com.
RS. Dr. H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor bekerjasama dengan Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang mengadakan Kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa (Keswa) Masyarakat dan Evakuasi terhadap 40 pasien ODGJ kabupaten Tangerang, yang Digelar di Gedung Serbaguna (GSG) yang beralamat di Komplek Perkantoran Pemdakab. Tangerang Provinsi Banten, Kamis (21/2/2019).

Tampak sekitar 200 orang peserta mulai berdatangan mengisi daftar tamu dan duduk rapih di deretan kursi yang telah disiapkan panitia untuk ikut menghadiri acara tersebut. Diantaranya dari Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang.

Selain itu perwakilan dari Panti Hikmah Syahadah, Puskesmas-puskesmas (Kosambi, Pasir Nangka, Panongan, Pakuhaji, Pagedangan, Sepatan, Mauk, Caringin, Pasir Jaya. Kedaung Barat, Sukamulya dan Tigaraksa), Satpol PP, TKSK, PSM, Kader Keseharan, Keluarga ODGJ dan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), beserta para media turut hadir dan meramaikan kegiatan.

Kepala Dinsos Kab. Tangerang Drs. H. M. Arsyad Husein, MM. MBA., dalam sambutannya mengatakan, ucapan terimakasih terhadap RSMM atas pelayanan kesehatan jiwa untuk masyarakat Kab. Tangerang. Kepala Dinsos juga atas nama Bupati Tangerang meresmikan dan membuka acara tersebut.

Sementara, Lely Elfrida, S.ST. MKM., sebagai Pemegang Program Jiwa Dinkes Kab. Tangerang mengucapkan apresiasi kepada RSMM, karena ODGJ rujukan rawat inap dari seluruh puskesmas Kab. Tangerang bisa tertangani.

Sedangkan H. Endang Supriadi, sebagai Pelatihan Kerja, akan menindaklanjuti ODGJ paska rawat yang sudah pulih dan mandiri agar bisa diikut sertakan dalam Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker.

Di sisi lain, Koord. Linsek Integtasi dan Promotor Keswa RSMM Bogor Iyep Yudiana, S.KM. M.KM., dalam kesempatan tersebut menyatakan bahwa Direktur Utama RSMM dr. H. Eko Sunaryanto, Sp.KJ. MARS., sangat mendukung pelayanan keswa untuk Kab. Tangerang dan mengucapkan terimakasih atas kerjasanya selama ini.

Pernyataan Komitmen Penanganan Kesehatan Jiwa bagi seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang dari seluruh peserta dan undangan hadir serempak dikumandangkan dengan khidmat yang dipimpin oleh Iyep Yidiana dan diikuti seluruh peserta dan undangan yang hadir yaitu mengucapkan, “Bismillahirrahmanirrahim, Kami segenap masyarakat kabupaten tangerang berkomitmen dengan sungguh – sungguh akan memberikan dan menjalankan pelayanan kesehatan jiwa bagi masyaramat kabupaten tangerang”.

Acara dilanjutkan dengan Serah terima cendramata berupa Majalah Dolphin 4 edisi dan Kalender RSMM, diserahkan Ns. I Ketut Sudiatmika, S.Kep. M.Kep, Sp.Kep.J., sebagai Kepala Instalasi Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (KJM & PKRS) RSMM, kepada Kadis Sosial Kab. Tangerang.

Penyerahan cendramata juga diberikan oleh Iyep Yudiana kepada Dinas Kesehatan, Disnaker, dan Panti Hikmah Syahadah serta kepada seluruh undangan yang hadir.

Pelayanan kesehatan jiwa berupa registrasi, pemeriksaan tanda vital, verifikasi berkas, pemeriksaan kesehatan jiwa, dll terhadap 40 ODGJ yang di dampingi keluarga dan petugas puskesmas berjalan dari mulai pkl 09.00 WIB, dipimpin oleh Ketut Sudiatmika dan dr. Widi Primaciptadi, Sp.KJ., beserta 12 anggota tim lainnya yang seperti, perawat, penyuluh kesehatan, sosial wolker, administrasi, dll.

Dari hasil pemeriksaan diperoleh 40 ODGJ yang hadir dan terindikasi rawat inap, dari 53 ODGJ yang terdaptar. 13 ODGJ tidak bisa dihadirkan untuk dilakukan pemeriksaan karena belum mendapatkan persetujuan keluarga, ODGJ yang kabur, ODGJ yang ngamuk dan tidak bisa di bawa ke lokasi acara. Ke-13 ODGJ tersebut akan kembali di daftarkan untuk peserta pada kegiatan selanjutnya.

Diakhir acara dilakukan diskusi bersama antara RSMM, Dinsos, Dinkes, Panti Hikmah Syahadah, Kepala-Kepala Puskesmas, Satpol PP, Keswa, TKSK, dan PSM, untuk mendapatkan kesepakatan bersama terhadap penanganan paska rawat RSMM oleh Kab. Tangerang, yang di pimpin oleh Iyep Yudiana.

Dari hasil diskusi tersebut diperoleh hasil: Kontrol ODGJ Paska Rawat evakuasi poeriode pertama akan dilakukan di puskesmas dan RSUD Kab. Tangerang, dan bila ada hambatan ketersediaan obat dll, maka kontrol akan tetap dilakukan ke RSMM, untuk menghindari ODGJ putus obat (Droop Out).

Sementara kontrol pertama ODGJ paska rawat periode 2 akan di lakukan ke RSMM.
Hasil diskusi selanjutnya disepakati dan dikukuhkan oleh Kadis Sosial Kab. Tangerang, bahwa akan di adakan kembali Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ dengan tema “Peduli ODGJ Menuju Kabupaten Tangerang Sehat Jiwa”, yang akan dilaksanakan tanggal 19 Maret 2019, yang direncanakan akan mengundang Bupati Kab. Tangerang, Kadinkes, Kadinsos, Kadisnaker, dan SKPD terkait, beserta dinas terkait dari Provinsi Banten.

Tibalah waktu yang ditunggu-tunggu yaitu acara pamungkas berupa Pelepasan 40 ODGJ untuk dilakulan evakuasi dan menjalani perawatan di RSMM selama kurang lebih 1 bulan, yang dilakukan oleh Kepala Dinas Sosial Kab. Tangerang kepada Iyep Yudiana dan Tim RSMM, yang didampingi Dinkes dan Puskesmas beserta seluruh undangan dan peserta yang hadir. (broo-lek)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan