Pemkab Bogor Latih Puluhan Panti Tentang Usaha Ekonomis Produktif | Portal Berita Bogor

Pemkab Bogor Latih Puluhan Panti Tentang Usaha Ekonomis Produktif

KABUPATEN BOGOR, BogorBagus.com – Dinas Sosial Kabupaten Bogor melalui Bidang Pemberdayaan Sosial menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Sosial dan Pelatihan Usaha Ekonomis Produktif (UEP) Panti se Kabupaten Bogor Angkatan ke 2 Tahun 2019.

Kegiatan yang diikuti 30 Panti dengan jenis usaha ekonomis produktif ternak ikan dan warungan tersebut, dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor Drs. Rustandi, M.Si., Senin (7/10) di Hotel Rizen Primer Bogor.

Kepala Dinas Sosial Drs. Rustandi, M.Si mengatakan, kegiatan ini secara rutin tiap tahun akan diselenggarakan karena masih banyak Panti-panti yang belum kita lakukan pembinaan dalam UEP nya. Saat ini ada 290 LKS/Panti yang terdaftar di Kabupaten Bogor dengan berbagai jenis Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang mereka layani, seperti anak yatim piatu, lansia terlantar, disabilitas dan PMKS lainnya.

“Dari data yang ada, sekitar 290 LKS/Panti di Kabupaten Bogor dengan berbagai jenis PMKS. Tentunya LKS/Panti tersebut memerlukan pengembangan UEP untuk meningkatkan kesejahteraan binaannya,” kata Rustandi.

Sementara, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Bogor Dra. Lenny Rachmawati, M.Si menambahkan, kegiatan ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS)/Panti sebagai Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dan meningkatkan kemandirian Panti dalam memberikan pelayanan kesejahteraan sosial bagi warga binaannya, khususnya di Kabupaten Bogor.

“Materi yang diberikan dalam pelatihan ini adalah, tentang manajemen UEP, pengembangan UEP dan teknik pemasarannya,” ungkap Lenny Rachmawati.

“Ini merupakan kedua kalinya kita laksanakan di tahun 2019. Sedangkan angkatan pertama sudah kita laksanakan pada bulan September lalu, dengan jumlah yang sama, yakni 30 Panti,” jelas Kabid Pemberdayaan Sosial.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan