Pelayanan Kesehatan Jiwa Ditingkatkan melalui Pendampingan Psikiater dan Penyuluhan Kesehatan | Portal Berita Bogor

Pelayanan Kesehatan Jiwa Ditingkatkan melalui Pendampingan Psikiater dan Penyuluhan Kesehatan

Pelayanan Kesehatan Jiwa Ditingkatkan melalui Pendampingan Psikiater dan Penyuluhan Kesehatan

Kabupaten Bogor-BogorBagus.com.

RSMM bersama Dinkes dan Dinsos Kabupaten Bogor mengadakan Kegiatan Pendampingan Psikiater dan Penyuluhan Kesehatan Jiwa di Puskesmas Tanjungsari yang berlangsung di Aula lantai 2 Puskesmas Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Kamis (11/10/2018) pukul 10.30 s.d 14.00 WIB.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Puskesmas Tanjungsari dr. Adi Nuryadin didampingi Penanggung Jawab Program Jiwa Lilih Herlia Sanusi, AMd.Kep. Dan diikuti 55 orang peserta yang terdiri dari 45 ODGJ, 5 Keluarga atau pendamping ODGJ dan 5 orang Kader Kesehatan.

Kepala Puskesmas Tanjungsari dan penanggung jawab program jiwa dalam sambutannya masing-masing melaporkan bahwa ada 110 ODGJ yang terdaftar dan dilayani di Puskesmas Tanjungsari, dan 3 ODGJ diantaranya sudah sampai mandiri dan produktif, sehingga mendapatkan bantuan modal usaha mandiri sebesar 2,8 juta rupiah, yang diberikan oleh Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Phalamartha Kementrian Sosial, melalui Dinas Sosial Kabupaten Bogor dengan Para Pendamping ODGJ.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari dr. Sucipto, SpKJ. M.Kes., yang mewakili RS. Dr. H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor dan Penyuluhan Kesehatan Jiwa Iyep Yudiana, SKM. MKM.

Kegiatan Pendampingan Psikiater yang dilakukan meliputi pemeriksaan kesehatan jiwa, diagnosa kesehatan jiwa dan pengobatan ODGJ yang dilakukan oleh dr. Sukma Legowo Denta, sebagai dokter umum di Puskesmas Tanjungsari yang didampingi oleh dr. Sucipto, SpKJ. M.Kes. dari RSMM, yang berhasil memeriksa sekitar 45 ODGJ secara bergantian.

Sedangkan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Jiwa meliputi pemberian informasi kesehatan jiwa, yang kali ini bertema “Deteksi Dini Gangguan Kesehatan Jiwa”, kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dari peserta penyuluhan kemudian diakhiri dengan Senam Otak atau Senam Konsenterasi.

Pendampingan Psikiater merupakan salah satu bagian kegiatan kerjasama antara RSMM dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor yang diawali dengan perencanaan dan penjadwalan Kegiatan Pendampingan Psikiater oleh dr. Rohajanti sebagai Kasie Penyakit Tidak Mnular (PTM), dan ditindaklanjuti oleh RSMM berupa pelaksanaan Kegiatan Pendampingan Psikiater dan Penyuluhan Kesehatan Jiwa. (Red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan