Pelayanan Kesehatan Jiwa dan Evakuasi ODGJ | Portal Berita Bogor

Pelayanan Kesehatan Jiwa dan Evakuasi ODGJ

Sukabumi-BogorBagus.com.

Pelayanan Kesehatan Jiwa dan Evakuasi ODGJ itulah tema acara kegiatan yang diselenggarakan di LKS Aura Welas Asih Pelabuhan Ratu Sukabumi, yang dilaksanakan pada tanggal 20 desember 2017. Acara ini terselenggara atas kerjasama RS.Dr.H. Marzuki Mahdi dengan PSBL Phala Martha, Dinas Kesehatan Sukabumi, Dinas Sosial Sukabumi, LKS Aura Welas Asih dan dibantu Komunitas Relawan ODGJ.

Kegiatan ini terinspirasi dari banyaknya laporan ditemukan orang dengan gangguan jiwa di wilayah Sukabumi yang ditampung di LKS Aura Welas Asih yang menampung sedikitnya 60 orang dengan gangguan jiwa, anak terlantar, jompo dan lain-lain. Berdasarkan hal tersebut, Rumah Sakit Marzuki Mahdi berkomitmen untuk membantu merawat pasien dengan gangguan jiwa. Maka diadakan acara Pelayanan Kesehatan Jiwa dan Evakuasi ODGJ dengan kegiatan ceremoni acara berupa sambutan dari ketua LKS Aura Welas Welas Asih yaitu pada Pak Deni solang kemudian sambutan dari psbl phala Martha yaitu bpk Ahyadin dan sambutan dari Rumah Sakit Marzuki Mahdi oleh I Ketut Sudiatmika, S.Kep, M.Kep. Sp.Kep.J, kemudian dilanjutkan dengan acara pemeriksaan 19 ODGJ oleh psikiater Dr Sucipto SpKJ. M.Kes. Rumah Sakit Marzuki Mahdi menerjunkan sedikitnya 11 petugas yang terdiri dari psikiater, Psikolog, Perawat, Pekerja Sosial dan Penyuluh Kesehatan Masyarakat.

Dari hasil pemeriksaan, ditemukan 19 pasien ODGJ yang akan dilakukan perawatan yang terdiri sari 15 pasien laki laki dan 4 pasien perempuan. Empat pasien yang kondisinya gelisah diberikan injeksi obat penenang terlebih dahulu, Pasien tersebut rencananya akan dilakukan perawatan selama 1 bulan dan kemudian setelah selesai perawatan akan dikembalikan ke panti LKS Aura Welas Asih Pelabuhan Ratu Sukabumi. Harapannya, setelah kegiatan ini, baik unsur LKS, Dinas Kesehatan, dinas sosial, Paramarta dan masyarakat Sukabumi pada umumnya akan menyadari pentingnya kesehatan jiwa dan setiap unsur pemerintahan ikut mendukung penanganan perawatan pasien gangguan jiwa di Rumah sakit, termasuk dukungan ke LKS Aura Welas Asih.

Kegiatan ini dikoordinir oleh Iyep Yudiana, SKM. MKM, sebagai Koordinator Lintas Sektoral dan Integrasi di Instalasi KJM dan PKRS RS.Dr.H Marzoeki Mahdi Bogor dan di dukung Penuh oleh dr. Bambang Eko Sunaryanto, Sp.KJ. MARS selaku Direktur Utama, dr. Siti Khalimah, Sp.KJ. MARS selaku Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Desy Dwirina, MKKK, dari Bidang Medik, Beserta dukungan dari para kepala ruangan perawatan, Kepala Ruangan juga Kepala Instalasi. (Red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan