Pelatihan Tim Reaksi Cepat Tepat Jiwa Untuk Penanganan Kesehatan Jiwa Komunitas | Portal Berita Bogor

Pelatihan Tim Reaksi Cepat Tepat Jiwa Untuk Penanganan Kesehatan Jiwa Komunitas

Pelatihan Tim Reaksi Cepat Tepat Jiwa Untuk Penanganan Kesehatan Jiwa Komunitas

Kota Bogor – BogorBagus.com.

Rumah Sakit Marzuki Mahdi (RSMM) Bogor bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor dan Puskesmas Mekar Wangi, mengadakan kegiatan Pelatihan Tim Reaksi Cepat Tepat Jiwa untuk Penanganan Kesehatan Jiwa Komunitas, di Aula Lantai 2 Gedung Puskesmas Mekar Wangi Jl. Subur No. 2 RT 01/RW 01 Kelurahan Mekar Wangi Kecamatan Tanah Sereal Kota Bogor, Selasa (27/11/2018) pukul 09.00 Wib lalu.

Pelatihan ini dikoordinir langsung oleh Ns. Aya Afya, S.Kep. M.Sc selaku Programer Keswa PKM Mekar Wangi. Dan diikuti 25 orang peserta yang terdiri dari anggota Linmas (Hansip), Pengurus RT/RW, Kader Kesehatan dan Tim Ambulance Puskesmas Mekar Wangi.

Puskesmas Mekar Wangi yang dipimpin dr. Ilham Chaidir (Kepala Puskesmas) mempunyai wilayah kerja di kelurahan Mekar Wangi, Sukadamai dan Sukaresmi. Dan saat ini mempunyai 72 ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang terdaftar, baik yang berasal dari wilayah kerja puskesmas maupun luar wilayah kerja puskesmas mekar wangi.

Pelatihan Kesehatan Jiwa Komunitas di Puskesmas Mekar Wangi, menghadirkan narasumber yaitu Iyep Yudiana, SKM. MKM., sebagai Promotor Kesehatan Jiwa di RSMM Bogor, yang dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor yang diwakili oleh Ai Yulianti, AMd.Kep dan Meidiana Putri, SKM., sebagai staf PTM. Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Kasi Trantib dan Pemerintahan Jujuren Ginting Suka, SE.

Kegiatan pelatihan meliputi 3 segmen yaitu Pemberian Materi Penanganan Kesehatan Jiwa Komunitas, dilanjutkan dengan Simulasi Penanganan ODGJ, kemudian ditutup dengan diskusi tanya jawab mengenai permasalahan penanganan ODGJ di komunitas.

“Dari pelatihan ini diharapkan, agar peserta pelatihan mempunyai pengetahuan tentang kesehatan jiwa dan mempunyai keterampilan penanggulangan masalah kesehatan jiwa di komunitas,” demikian dikatakan Iyep Yudiana, SKM. MKM, Promotor Kesehatan Jiwa di RSMM Bogor. (Lekat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan