Pangdam III/Slw Pantau Normalisasi Empat Situ di Wilayah Kodim 0621/Kab.Bogor | Portal Berita Bogor

Pangdam III/Slw Pantau Normalisasi Empat Situ di Wilayah Kodim 0621/Kab.Bogor

Bogor, Usai melakukan peninjauan Serbuan Vaksinasi Covid-19 di GOR Pusbang SDM Aparatur Perhubungan Kemang Kab Bogor, Pangdam III Siliwangi Mayjen Nugroho Budi Wiryanto S.I.P., yang didampinggi oleh Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. melanjutkan Kunjungan Kerjanya dengan mengunjungi empat Situ yang berada di wilayah Kodim 0621/Kabupaten Bogor yaitu Situ Kemang, Situ Cibaju, Situ Udik dan Situ Citongtot, Sabtu (7/8/2021).

 

Pangdam menyampaikan bahwa Kunjungannya ke Situ wilayah kerja Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane yaitu untuk meninjau pelaksanaan normalisasi Situ tersebut sekaligus dengan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat di sekitar Setu, hal itu disampaikan oleh Pangdam.

Dan selain itu, Pangdam bersama jajarannya juga melaksanakan penaburan ribuan bibit ikan serta meninjau langsung dengan turun ke situ bersama Danrem dengan menggunakan perahu karet.

 

Situ/danau memiliki fungsi yang sangat penting, selain sebagai tempat penampungan air sekaligus sebagai kawasan resapan dan juga dapat mengurangi volume air permukaan yang tidak dapat menampung air hingga dapat mencegah banjir atau genangan, pembangkit listrik, serta pengimbuh (recharge) air pada cekungan air tanah, juga untuk mensuplai air kehilir, irigasi, dan dapat mengontrol banjir.
Oleh karena itu dari segi sosioekonomis, Situ dapat berfungsi sebagai cadangan sumber air bersih, sumber penyedia protein dari sektor perikanan darat, sarana rekreasi dan banyak lagi. Kegiatan ini juga bertujuan ikut membantu mengontrol, melindungi dan mengembalikan fungsi Situ dan kembali dapat bermanfaat bukan saja bagi masyarakat sekitar, tetapi juga bagi kelestarian lingkungan.

Lebih lanjut Pangdam III/Slw mengajak masyarakat yang berada di sekitar Setu tersebut untuk menjaga kelestariannya, bersama-sama dengan Pemda, BBWS Ciliwung Cisadane, TNI, Pemerhati lingkungan dan stakeholder lainnya, ” mari kita menjaga dan melindungi situ ini, dengan tidak membuang sampah maupun limbah pabrik ke dalam situ. Mari kita jaga kelestarian situ ini, sehingga bisa kita manfaatkan untuk kehidupan kita. Kita menjaga alam maka alam akan menjaga kita.” Ujarnya.

Terkait dengan bantuan yang diberikan oleh Pangdam kepada masyarakat di sekitar Situ, Pangdam menyatakan bahwa bantuan tersebut yaitu sebagai bentuk kepedulian dan tali asih Kodam III/Siliwangi kepada warga masyarakat dan semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat.

Kunjungan Pangdam keempat Situ tersebut, selain didampinggi oleh Danrem 061/SK juga didampinggi oleh Dandim 0621/Kab.Bogor.( Hera)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan