LK3 Dinsos Kab. Bogor Berikan Layanan Dukungan Psykososial Kepada Korban Bencana Alam | Portal Berita Bogor

LK3 Dinsos Kab. Bogor Berikan Layanan Dukungan Psykososial Kepada Korban Bencana Alam

 

KABUPATEN BOGOR, BogorBagus.com – Menindak lanjuti hasil Meeping tim Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor kepada para Penyitas korban bencana alam, pada tanggal 13 Januari 2020 lalu, di wilayah kecamatan Sukajaya, Nanggung, Cigudeg dan Jasinga, LK3 Dinsos Kab. Bogor, pada hari ini melakukan layanan dukungan Psykososial kepada para korban bencana alam di Posko posko pengungsian.

Layanan dukungan psykososial dilakukan LK3 Dinsos Kab. Bogor bersama Tim Pendamping Sakti Pekerja sosial (Peksos), Pendamping Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) beserta Komunitas Bogor Mengabdi, di Posko 1 yang berada di Kampung Cipugur Desa Cileuksa Kecamatan Sukajaya, Kamis (23/1/2020).

Dengan menggunakan kendaraan Oprasional Mobil Anti Galau LK3, Layanan dukungan psykososial kepada korban bencana diberikan baik kepada penyitas anak dan orang dewasa.

“Kami di sini, menyampaikan amanah para Donatur untuk para Penyitas yang ada di kantong-kantong pengungsian korban bencana alam sesuai kebutuhan yang mereka perlukan dalam pengungsian,” ujar Sofiah selaku Ketua tim LK3 Dinsos Kabupaten Bogor kepada liputan12.id, Kamis (23/1/2020).

Ia juga mengatakan, di kegiatan ini kami berupaya membuat suasana anak dan orang tua para korban bencana agar tetap merasa aman dan mampu membangun kepercayaan diri secara psykologis atas apa yang terjadi menimpa mereka, karena ini semua terjadi atas kehendak yang maha kuasa, dan agar mereka bisa tetap bersama melaluinya dengan rasa Syukur.

“Di sisi lain, kami ingin memastikan anak-anak dan perempuan juga lansia, aman dari tindak kekerasan selama dalam pengungsian. Karna anak-anak dan perempuan adalah kelompok rentan yang bisa saja menjadi korban yang tidak kita inginkan selama berada dalam pengungsian,” tutur Sofiah.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Dra. Lenny Rachmawaty, M.Si ketika dihubungin, dia mengungkapkan, layanan dukungan pasca bencana ini, dilakukan untuk memberikan dukungan psikososial bagi keluarga yang terkena bencana.

“Ya, layanan diberikan untuk mengatasi rasa trauma dan masalah lainnya yang kemungkinan akan menimpa mereka para korban bencana alam,” ucap Lenny. (lk)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan