Lansia Kabupaten Bogor Terima 30 Set Sarana Kamar dan 100 Buah Alat Bantu | Portal Berita Bogor

Lansia Kabupaten Bogor Terima 30 Set Sarana Kamar dan 100 Buah Alat Bantu

 

BOGOR, BogorBagus.com – Dalam upaya mendukung kebutuhan hidup layak bagi kaum lanjut usia (lansia) yang hidup dalam ketidakmampuan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Sosial menyalurkan 30 Set Sarana prasarana (sarpras) kamar lansia yang tersebar di 12 kecamatan di daerah kabupaten Bogor.

Plt. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten Bogor, Renaldi mengatakan bahwa, bantuan ini merupakan bentuk perhatian Ibu Bupati Bogor bagi para lanjut usia yang selama ini hidup dalam keterbatasan secara ekonomi.

“Sebelumnya, telah disalurkan juga bantuan 100 buah alat bantu bagi lansia di 27 kecamatan, berupa kursi roda, hearing aids, dll. Untuk membantu aktivitas sehari-harinya sesuai dengan kebutuhannya,” kata Renaldi ketika dihubungi liputan12, Kamis (22/10/2020) siang.

“Dalam penyaluran di lapangan, kita difasilitasi oleh pihak kecamatan dan desa untuk memudahkan barang barang tersebut sampai kepada penerima manfaat, dengan tetap memperhatikan Protokol Covid-19,” imbuhnya.

Sementara Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial menyampaikan, bahkan 30 set alat bantu berupa Kasur, Bantal, Guling, Seprai, Lemari plastik, Selimut dan Kipas angin tersebut disalurkan untuk dapat memberikan kenyaman dan kesejahteraan di hari tua para lansia.

“Bantuan ini diberikan terbatas, dikarenakan anggarannya harus dibagi dengan kebutuhan penanganan Covid-19 di kabupaten Bogor,” jelas Drs. Dian Mulyadiansyah, MM.

Pria yang akrab dipanggil Kang Dian ini mengatakan, melihat tingginya populasi lansia yang sudah masuk dalam DTKS sebanyak 166.315 lansia, sedangkan yang mengalami keterlantaran di masa Tua berjumlah 27.348 jiwa.

“Tentunya membutuhkan perhatian dan penanganan secara terpadu dari berbagai pihak, baik OPD, pihak swasta maupun masyarakat pada umumnya. Agar upaya pelayanan Rehabilitasi Sosial bagi para lansia untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dapat dipenuhi dari berbagai pihak,” beber Dian.

“Hal ini, lanjut Dian, sesuai dengan Gerakan Nyaah Ka Kolot dan Lingkungan Ramah Lansia,” tandasnya. (broolek)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan