Komunitas Srikandi Yusri: Melakukan Sosialisasi dan Edukasi Demokrasi Bagi Kaum Gender | Portal Berita Bogor

Komunitas Srikandi Yusri: Melakukan Sosialisasi dan Edukasi Demokrasi Bagi Kaum Gender

Komunitas Srikandi Yusri: Melakukan Sosialisasi dan Edukasi Demokrasi Bagi Kaum Gender

GunungSindur-BogorBagus.com.

Memperkenalkan etika dan tata cara demokrasi yang baik dalam dunia politik, ternyata tidak melulu milik kaum lelaki atau institusi resmi. Hal ini dibuktikan oleh kalangan kaum perempuan di wilayah Utara Kabupaten Bogor yang mendeklarasikan komunitas Srikandi Yusri.

Sejumlah kaum gender yang berasal dari berbagai kalangan baik ibu rumah tangga biasa, remaja putri, kalangan profesi, pekerja, karyawati dan sebagainya ini, kompak melakukan pergerakan guna memberikan sosialisasi dan edukasi demokrasi bagi kaum perempuan.

“Kami berkumpul dan bernaung bersama, agar perempuan juga bisa terus sejajar dalam hak demokrasi. Apalagi di Kabupaten Bogor sudah terbukti ada 2 perempuan jadi Bupati,” ungkap Yuli seorang penggerak Srikandi Yusri kepada wartawan, Kamis (15/11/2018).

Sementara Muhamad Rijal Triyanto SH, seorang tokoh muda di wilayah utara kabupaten Bogor mengaku bangga dan memberikan apresiasi tinggi atas keterlibatan kaum perempuan dalam aktifitas organisasi apalagi dalam melakukan pendidikan demokrasi.

“Terlepas dari persoalan pilihan dan dukungannya kepada siapa, keberadaan Srikandi Yusri adalah sebuah kemajuan sikap kaum gender yang patut diacungi jempol di alam demokrasi saat ini,” ujarnya.

Rijal Triyanto berharap, dengan kehadiran kaum perempuan dalam dunia politik dan demokrasi akan membawa sebuah kedamaian dan kesejukan politik di bumi tegar beriman.

“Pengetahuan demokrasi masyarakat harus terus ditingkatkan, di semua kalangan, baik laki-laki maupun perempuan. Agar mereka tidak salah dalam.memilih pemimpin atau wakil rakyat,” tandasnya.

Menanggapi tingginya antusiasme masyarakat terutama kaum perempuan yang mulai peduli pada demokrasi, tokoh masyarakat wilayah Utara Kabupaten Bogor Yusri Nurjaman SH mengaku hal ini merupakan pertanda baik akan adanya perkembangan dan peningkatan peran serta perempuan.

“Tentu saya akan memberikan dukungan sekaligus pendampingan dan pembinaan. Kehadiran kaum perempuan dalam pembangunan kesejahteraan sangat diperlukan,” tuturnya.

Menurut pria yang sudah kenyang pengalaman dalam berbagai organisasi ini, Srikandi Yusri akan menjadi pionir pendidikan demokrasi bagi kaum gender, terutama di wilayah Utara Kabupaten Bogor.

“Kami akan terus menumbuh kembangkan peran serta perempuan. Karena keluarga yang baik, rukun dan sejahtera tidak bisa lepas dari peran seorang ibu rumah tangga atau kaum hawa,” pungkasnya. (Red/MJF)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan