Ketua PWI Cabang Kabupaten Bogor: Mari Kita Jaga Independensi Wartawan | Portal Berita Bogor

Ketua PWI Cabang Kabupaten Bogor: Mari Kita Jaga Independensi Wartawan

Ketua PWI Cabang Kabupaten Bogor: Mari Kita Jaga Independensi Wartawan
Cibinong, Bogor – BogorBagus.com.
Jajaran Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kabupaten Bogor Peringati Hari Pers Nasional (HPN) sekaligus juga peringati HUT PWI ke 72, yang dilaksanakan di Sekretariat PWI Cabang Kabupaten Bogor, di Gedung PUSDAI, Jl. Bersih, dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, Jumat (9/2/2018) pukul 13.00 WiB.
Dengan dihadiri, Bupati Bogor yang diwakili, Sekretaris Dinas (Sekdis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kab. Bogor, Dr. Drs. Kardenal, M.Si., beserta staf, Ketua PWI, Drs. H. Khoirul Azwar Siregar beserta seluruh jajaran pengurus dan anggota PWI cabang Kabupaten Bogor, Dirut PDAM, H. Hasanudin Taher dan Humas PDAM, Agus beserta segenap tamu undangan lainnya.
Dalam sambutannya Ketua PWI Kabupaten Bogor mengatakan, pelaksanaan peringatan Hari Pers Nasioanal (HPN) yang diadakan secara serentak oleh para insan Pers diberbagai tempat, baik dari tingkat Provinsi, Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia, “Merupakan amanat Dewan Pers dalam rangka untuk menyemarakkan momen peringatan HPN, yang hari ini juga di laksanakan secara Nasional yang berpusat di Kota Padang, Sumatera Barat,” ujarnya.
Lebih lanjut, Khoirul juga menyampaikan bahwa PWI Kabupaten Bogor dalam perjalanannya, di tahun 2017 lalu, telah melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan dari 52 orang anggotanya sudah sekitar 70 persen, telah melakukan dan berhasil mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Karena memang seorang wartawan harus di uji kemampuannya dan ini memang diharuskan oleh Dewan Pers untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas dari seorang wartawan itu sendiri.
“Dia juga menambahkan di tahun 2018 ini, Kita kembali akan melaksanakan UKW bagi para wartawan, untuk itu semoga dapat menjadi perhatian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor,” imbuhnya.
Ketua PWI Cabang Kabupaten Bogor berharap kepada seluruh teman-teman Wartawan, dengan Momen Peringatan HPN dan HUT PWI ke 72 ini “Mari Kita Jaga Independensi Wartawan” yang artinya, teman wartawan dalam menyajikan pemberitaannya tidak memihak dan harus berimbang sesuai Data dan Fakta.
Apalagi tahun ini tahun politik, sesuai tema yang kita usung, Dengan Momen Peringatan HPN dan HUT PWI ke 72 tahun 2018, Kita Sukseskan Pilkada Kabupaten Bogor 2018. Jadi di Pilkada nanti, rekan wartawan harus bertindak Independen, dalam arti boleh memihak secara pribadi tapi sebagai seorang wartawan yang memiliki kode etik kewartawanan tidak boleh memihak kepada salah satu calon,” terangnya.
Kedepannya diharapkan, “Semoga rekan-rekan wartawan, dalam penyajian sebuah berita yang menurutnya menarik untuk di dengar dan dibaca oleh masyarakat, lebih bijak dan santun,” tutupnya.
Sementara Bupati Bogor dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekdiskominfo Kabupaten Bogor, diawali dengan mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) kepada seluruh Insan Pers khususnya Insan Pers yang ada di kabupaten bogor. Momen ini harus menjadi langkah bagi para insan pers untuk mengkaji peran wartawan dalam menjamin pengembangan kehidupan pers yang sehat, kuat dinamis, bebas dan bertanggung jawab,” tutur Bupati Bogor.
“Di era globalisasi sekarang ini, tekhnologi informasi yang berkembang demikian pesat, sangat deras, terbuka dan nyaris tak terbendung tanpa filter sehingga dengan cepat dan mudahnya masyarakat mengakses aneka informasi baik yang benar, positif dan bermanfaat maupun yang belum teruji kebenarannya alias bisa menyesatkan masyarakat”.
Untuk itu, “Disinilah peran penting Wartawan untuk mengembangkan karya Jurnalistiknya yang selain harus mampu merefleksikan kebenaran peristiwa dan opini dalam persfektif yang berimbang, juga harus menjadi filter dari arus informasi global yang sangat terbuka dan belum tentu sesuai dengan nilai-nilai yang kita pegang teguh sebagai bangsa,” tutur Bupati Bogor yang akrab disapa Bu Yanti ini.
Nurhayanti juga menekankan, PWI sebagai organisasi yang menghimpun profesi wartawan hendaknya terus berupaya menjadi wadah pengembangan kapasitas dan sarana dialog untuk menyikapi berbagai informasi secara bijaksana dengan memperhitungkan dampak setiap informasi bagi kehidupan masyarakat.
“Hanya dengan demikian keberadaan PWI akan dihayati oleh masyarakat sebagai sumber penerangan yang valid, bermanfaat dan berdimensi masa depan,” tutupnya. (Lekat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan