Kader TB Kecamatan Cibungbulang Bogor Aktif Lakukan Penyuluhan dan Laporan Tentang TBC | Portal Berita Bogor

Kader TB Kecamatan Cibungbulang Bogor Aktif Lakukan Penyuluhan dan Laporan Tentang TBC

KABUPATEN BOGOR – Salah satu tugas kegiatan penanganan TB atau TBC yaitu peranan kader TB atau TBC sangatlah penting untuk mendukung keberhasilan ini adalah melalui penyuluhan, pelacakan dan Investigasi kontak atau disingkat IK.

Kegiatan penyuluhan TB terhadap IK dan lingkungan merupakan kegiatan pelacakan dan investigasi yang ditujukan pada orang-orang yang kontak dengan pasien TBC (indeks kasus) untuk menemukan terduga TBC lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Siti Aliyah, Kader TB Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Rabu 8 Juni 2022.

Dikatakannya, kontak yang terduga TBC akan dirujuk ke layanan kesehatan untuk pemeriksaan lanjutan dan bila terdiagnosis TBC, akan diberikan pengobatan yang tepat dan sedini mungkin.

“Sebulan sekali kita melaporkan kepada koordinator tentang IK atau Pasien TB, periksa dahak terutama pemeriksaan rutin selama 6 bulan”, ujar Kader TB ini.

Jika ada pasien terkena TB, kami pun bergerak memberikan penyuluhan di lingkungan tersebut.

“Ya di sekitaran tetangga wilayah lingkungan tersebut”, ujarnya.

Peran serta seluruh lapisan masyarakat juga sangat penting meminimalkan pencegahan dalam kasus TBC ini.

“Jangan takut kalau kena penyakit TB karena bisa disembuhkan, obatnya tersedia di puskesmas dan kita himbau tetap jaga kesehatan”, tutupnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan