Jangan Salah Beli, Pahami Dulu Perbedaan STB TV Digital dan STB TV Android | Portal Berita Bogor

Jangan Salah Beli, Pahami Dulu Perbedaan STB TV Digital dan STB TV Android

TEKNOLOGI – Penggunaan TV analog kini semakin jarang digunakan. Jika dahulu banyak yang menggunakan TV parabola untuk menangkap siaran acara atau hiburan kini muncul teknologi berupa smart TV yang berbasis Android dan digital. Pahami dulu perbedaan antara STB digital dan STB Android sebelum menggunakan salah satu atau keduanya.

Kehadiran TV berbasis Android sendiri menyeruak di pasaran diantara implementasi siaran TV digital yang marak digalakkan pemerintah hingga akhir tahun ini. Walaupun TV Android bisa menangkap siaran digital, tapi untuk melakukannya dia membutuhkan Set Top Box (STB), jika TV yang digunakan belum bisa menangkap siaran digital.

Bedanya STB Digital dan STB Android, Mana yang Lebih Bagus?

STB TV digital merupakan alat untuk mengkonversi sinyal menjadi gambar dan suara sehingga dapat ditampilkan dan dinikmati pada TV analog. Sedangkan STB Android adalah smart TV yang membutuhkan koneksi internet agar bisa menikmatinya.
Jika ditanya manakah yang lebih bagus antara STB digital dengan STB Android, tentu saja masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tentu saja juga harus mengetahui perbedaan antara keduanya terlebih dahulu seperti yang terangkum di bawah ini;

1. Set Top Box TV Digital
Untuk STB digital pemakaiannya tidak dikenakan biaya atau gratis. Tidak ada iuran per bulan juga untuk berlangganan. Selain itu, untuk menikmati siarannya tidak diperlukan sambungan internet layaknya TV android. Hal ini karena STB digital terhubung dengan stasiun TV free to air.

Perbedaan lain yang nampak antara keduanya adalah adanya fitur early warning system dan terhubung dengan antena.

2. Set Top Box TV Android
Setelah munculnya TV digital, kini dengan perkembangan dunia teknologi yang semakin maju, TV pun bahkan sekarang bisa berbasis android, lho. Saat Anda menikmati layanan TV Android, saat itu Anda seperti melihat smartphone, hanya saja layarnya lebih besar.
Jika pada STB TV digital memiliki beberapa ciri khas, STB TV android pun demikian. Perbedaan yang pertama sama halnya dengan TV digital yang berkaitan dengan biaya. Apabila Anda dapat menikmati TV digital tanpa harus mengeluarkan biaya, maka untuk TV android berbeda. Anda diharuskan membayar tiap bulannya agar bisa berlangganan.
Disamping harus membayar uang bulanan, agar bisa menikmati layanan TV android, Anda juga diharuskan memiliki sambungan internet yang stabil. Hal tersebut tentu tidak berlaku untuk digital karena meskipun tidak ada sambungan internet, Anda tetap bisa menangkap dan menikmati siaran.

Apakah android tv perlu antena? Berbeda dengan TV digital, TV android tidak membutuhkan antena saat menikmatinya karena yang dibutuhkan hanyalah sambungan internet. Layaknya Anda ingin menikmati layanan konten di smartphone android, maka yang wajib ada adalah jaringan internet.
Lalu apakah android tv box bisa untuk tv digital? Seperti yang telah disinggung di atas bahwa tv android box pun dapat digunakan untuk menangkap siaran digital.

Nah,setelah mengetahui perbedaan antara STB TV digital dan STB TV android, Anda pun harus mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing TV tersebut agar tidak salah pilih antara keduanya. Berikut adalah kekurangan dan kelebihannya;

Kelebihan STB TV Digital
Mampu menangkap siaran digital atau UHF yang membuat Anda bisa menikmatinya dengan leluasa.

Tampilan STB TV digital dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang bagus serta suara jelas.
Terbebas dari biaya bulanan karena memang bisa dinikmati secara gratis oleh masyarakat luas.

Kekurangan STB TV digital
Rata-rata memiliki bentuk body kotak dan besar layaknya TV jadul.
Harus melakukan pemasangan Antena TV dan ketika terjadi gangguan pada antena Anda akan terganggu pula saat menikmati siarannya.

Pilihan menu yang disajikan hanya untuk stasiun lokal atau nasional. Jika ingin menangkap siaran internasional harus menggunakan antena parabola
Kelebihan STB TV Android
Berbeda dengan TV digital, STB Android memiliki bentuk fisik yang ramping.

Terdapat pilihan menu chanel yang lebih lengkap meliputi chanel luar negeri maupun dalam negeri. Tanpa harus menggunakan antena parabola
Beragam pilihan aplikasi hiburan dapat Anda pilih sesuai keinginan.
Terdapat banyak aplikasi yang dapat Anda instal dengan mudah dan menikmati setiap layanannya.

Harus menggunakan jaringan internet yang stabil jika ingin menikmati layanan siarannya.

Tampilan gambar TV android lebih bersih dengan audio jernih.

Kekurangan STB TV android
Harus terhubung dengan Internet dan apabila jaringan terganggu tentu akan berdampak pula pada siaran yang dinikmati.

Terdapat biaya bulanan yang wajib dibayarkan untuk bisa menikmati siarannya.

Jika terdapat masalah pada jaringan internet, kualitas gambar dan siaran pun akan mengalami gangguan.
Tidak memiliki colokan RCA sehingga tidak memungkinkan untuk TV tabung.
Sekarang pilih STB atau android tv box, semua pilihan terserah pada Anda. Jika ingin menggunakan Android TV box, agar bisa menikmati layanan hiburan yang lebih banyak Anda bisa langsung membeli STB Android secara offline atau online, karena alat tersebut kini telah beredar luas di pasaran.

Salah satu yang menyediakannya adalah Blibli. Di tempat ini selain memudahkan mendapatkan android TV box terbaik, harga yang ditawarkan pun tidak akan mengecewakan. Begitu pula dengan kualitas barang yang ditawarkan. Proses kirim cepat dan pastinya terpercaya. Jadi, setelah mengetahui perbedaan STB tv digital dan STB tv android segera ubah TV analog Anda ke STB TV android sekarang juga. (Adv/Red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan