IPSM Kabupaten Bogor Gelar Acara Pelepasan Peserta Training Of Trainer Alquran Braille | Portal Berita Bogor

IPSM Kabupaten Bogor Gelar Acara Pelepasan Peserta Training Of Trainer Alquran Braille

IPSM Kabupaten Bogor Gelar Acara Pelepasan Peserta Training Of Trainer Alquran Braille

IPSM Kabupaten Bogor Gelar Acara Pelepasan Peserta Training Of Trainer Alquran Braille

Cibinong, Bogor–BogorBagus.com.

Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Bogor selaku penyelenggara Training Of Trainer Alquran Braille bagi Tuna Netra yang dikelola oleh Saku Amanah (SA) Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Kabupaten Bogor, menggelar acara Pelepasan Peserta Training Of Trainer Alquran Braille yang dilangsungkan di Sekretariat IPSM Kabupaten Bogor, di Jl. Bersih Kelurahan Tengah, Cibinong, Lingkungan Pemda Kabupaten Bogor, Senin (14/5/2018).

Hadir pada kesempatan tersebut, Anggota Komisi III DPR RI, Taufiqul Hadi, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Wasto, S.hut, Danramil 2102/Cibinong, Kapten Inf. Paiman, Ketua Umum IPSM, Kabupaten Bogor, Dian Firmansyah, Ketua umum Pertuni, H. Ahmad, Kabid Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten, Dra. Lenny Rachmawati, M.Si, para staf SKPD Kabupaten Bogor dan segenap Ketua dan pengurus IPSM Kecamatan se-Kabupaten Bogor serta ke 20 orang Tuna Netra yang telah mengikuti pelatihan.

Rangkaian acara diawali dengan pembacaat ayat suci Alquran yang dibacakan oleh Yusuf salah seorang tuna netra dilanjut dengan laporan dari Direktur SA PMKS, penyampain kesan dan pesan oleh wahyu dan menyanyikan sebuah Lagu oleh rama serta sambutan-sambutan.

Direktur SA PMKS Kabupaten Bogor dalam laporan pertanggungjawabannya, terlebih dahulu mengucapkan, Alhamdulillah sebagai bentuk rasa syukur bahwa, hari ini kami telah selesai melaksanakan kegiatan pelatihan membaca Alquran Braille bagi para Tuna Netra yang dilaksanakan selama 40 hari sejak tanggal 04 April 2018 lalu.

“Dalam pelatihan tersebut, telah berhasil melatih 20 orang tuna netra yang pada awalnya adalah buta hurup Alquran. Alhamdulillah dengan ada pelatihan yang telah kami laksanakan para tuna netra sudah mampu dan bisa membaca Alquran bahkan mudah-mudahan mereka mampu mengajarkan kepada para tuna netra lainnya,” ungkap Relief Parhat.

lebih jauh, Relief Parhat memaparkan, pelaksanaan Pelatihan membaca Alquran Braille bagi Tuna Netra, dilatarbelakangi dengan adanya keresahan dan keprihatinan terhadap nasib para Tuna Netra di Kabupaten Bogor yang disampaikan oleh Ketua Umum Pertuni, Kabupaten Bogor bahwa hampir semuanya Tuna Netra di Kabupaten buta hurup.

“Hal tersebut, direspon oleh Ketua Umum IPSM dengan melaksanakan pelatihan ini. Dan Alhamdulillah pelaksanaan pelatihan tersebut berjalan dengan baik bahkan mampu mencetak guru-guru Alquran Braille Tuna Netra,” paparnya.

Ucapan rasa terima kasih kami sampaikan khusus kepada Ketum IPSM yang telah mempercayai Kami dan memberikan dukungan penuh untuk melaksanakan pelatihan.

“Dan tidak lupa pula, ucapan terimakasih kepada para Donatur dan kepada semua pihak yang selama ini telah turut membantu berlangsungnya kegiatan ini, karena tanpa bantuan tersebut kegiatan ini mungkin tidak akan berjalan dengan baik,” sambungnya.

Kami berharap kepada para Tuna Netra yang telah mengikuti pelatihan, “Agar ilmu yang telah didapat untuk terus dikembangkan dan diajarkan kepada saudara-saudara Tuna Netra lainnya, supaya Kabupaten Bogor terbebas dari buta huruf. Kami berkomitmen untuk terus berjihad memberantas Buta huruf dikalangan Tuna Netra disamping permasalahan lainnya,” tegasnya.

Bupati Bogor dalam sambutannya yang dalam hal tersebut diwakili, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Dra. Lenny Rachmawati, M.Si mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh IPSM tersebut, “Semoga dapat menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan kesetiakawanan sosial masyarakat, agar memiliki kepedulian terhadap masalah sosial yang ada, sehingga dengan saling peduli, Insya Alloh masalah kesejahteraan sosial di Kabupaten Bogor bisa segera teratasi secara bersama-sama,” ungkapnya.

Pemeintah Daerah Kabupaten Bogor, dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten Bogor, “Sangat mengafresiasi dan berterima kasih kepada IPSM yang sudah melaksanakan peran dan fungsinya sebagai Pilar-pilar kesejahteraan sosial dan berharap semoga, kedepannya terus berjalan dan semakin ditingkatkan,” tutup Lenny yang juga sekaligus mewakili Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor.

Sementara, Ketua Umum IPSM Kabupaten Bogor dalam sambutannya menambahkan apa yang telah disampaikan oleh Direktur SA PMKS. Menurutnya PR terbesar IPSM adalah, bagaimana memperkenalkan IPSM kepada masyarakat, bukan bagaimana kamu berbuat.

“PSM merupakan organisasi yang bertujuan membantu Pemerintah dalam hal ini Pemkab Bogor dalam menangani permasalahan sosial,” tuturnya.

Lanjut Dian Firmansyah, pelaksanaan Pelatihan membaca Alquran Braille selama 40 hari bagi para Tuna Netra, Syukur Alhamdulillah hasilnya bukan cuma bisa membaca akan tetapi lebih dari itu para Tuna Netra bisa mengajar tuna netra lainnya…Subhanalloh!..,” ungkapnya.

“Keberhasilan ini menurut Dian merupakan Keberhasilan dari Pemerintah dan Rakyat Kabupaten Bogor bukan keberhasilan dari IPSM,” tandasnya

Diakhir Acara yang berlangsung sangat sederhana dan penuh keharuan tersebut dilakukan penyerahan Cindera mata secara symbolis kepada 4 orang perwakilan dari Training of Trainer Alquran Braille yang diserahkan secara bergantian oleh Anggota Komisi III DPR RI dilanjut oleh Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor dan oleh Kabid Pemberdayaan Sosial, Dinsos Kabupaten Bogor serta oleh Ketua Umum IPSM Kab.Bogor.

Sedangkan, Doa yang merupakan penutup kegiatan dibacakan oleh Ustadz Didin yang merupakan Tutor (Pembimbing) Training of Trainer Alquran Braille bagi Tuna Netra. (Lekat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan