IPSM Kabupaten Bogor Cikal Bakal Pemberantasan Buta Hurup Bagi Tuna Netra di Kabupaten Bogor | Portal Berita Bogor

IPSM Kabupaten Bogor Cikal Bakal Pemberantasan Buta Hurup Bagi Tuna Netra di Kabupaten Bogor

IPSM Kabupaten Bogor Cikal Bakal Pemberantasan Buta Hurup Bagi Tuna Netra di Kabupaten Bogor
Kabupaten Bogor – BogorBagus.com.
Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Bogor menyelenggarakan Pelatihan Membaca Alquran Braille bagi Tuna Netra se-Kabupaten Bogor yang dikelola oleh Saku Amanah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (SA PMKS) IPSM Kabupaten Bogor selaku pelaksana kegiatan.
Ketua Umum IPSM Kabupaten Bogor dalam keterangannya mengatakan, pelatihan ini tidak sebatas hanya mengajar membaca Alquran Braille saja, akan tetapi lebih jauh dari itu.
Disini, “kami ingin mencetak para guru-guru ngaji Alquran Braille yang mudah-mudahan akan terus berkembang sehingga dapat dimanfaatkan oleh para tuna netra sekabupaten bogor,” ujar Dian Firmansyah saat ditemui BogorBagus.com, Rabu (5/4/2018).
Dian juga memaparkan, pelaksanaan pelatihan membaca Alquran Braille bagi tuna netra tahap pertama ini, Kita memberikan pelajaran atau pelatihan untuk 20 tuna netra dari 800 tuna netra yang ada di Kabupaten Bogor.
Dan hari ini, hari ke 2 dari 40 hari yang kita rencanakan. Sejauh ini berjalan dengan baik, walaupun dalam pelatihan sedikit terkendala dengan guru ngaji Alquran braille.
Dikarenakan, “Kabupaten Bogor yang berpenduduk 7 juta jiwa dari 40 Kecamatan hanya punya 1 orang guru ngaji Alquran Braille,” ungkap Dian.
Sementara, Kadinsos Kabupaten Bogor, Drs. Roy E. Khaerudyn saat diminta keterangannya yang secara kebetulan datang mengunjungi para tuna netra, menyampaikan, “Apresiasi kepada IPSM Kabupaten Bogor dan jajarannya, khususnya kepada Ketua yang memiliki inisiatif untuk beramal dengan cara mengajarkan Alquran Braille kepada tuna netra melalui pelatihan seperti ini,” tuturnya.
Menurutnya, “Hal seperti ini jarang dan langka, berani melaksanakan kegiatan tersebut dengan tidak meminta bantuan dari pemerintah dalam hal ini pemda kab. bogor,” tandasnya.
Kadinsos berharap, “Kegiatan ini didukung oleh semua pihak dan harus terus dilakukan secara berkesinambungan, insya Alloh akan ada jalannya…,…Aamiin!, ” katanya pula.
Senada dengan Ketua Umum IPSM, Relief Perhat, Direktur SA PMKS IPSM Kabupaten Bogor sedikit menambahkan, menurutnya pelaksanaan pelatihan ini kita lakukan secara berkelanjutan.
Walaupun kenyataannya saat ini yang menjadi kendala yakni tentang bagaimana untuk memberi makan para tuna netra sedangkan dari awal kami memang tidak memiliki dana yang cukup untuk kegiatan ini.
“Saat ini saja persedian logistik kami hanya buat 7 hari saja. Namun mudah-mudahan ada jalan kedepan sehingga kegiatan pelatihan tetap dan terus berjalan,” ungkapnya.
Untuk itu, disini kami sangat berharap bantuan dan dukungan semua pihak baik moril maupun materil, sekaligus juga kami mengundang untuk bersama-sama dengan kami, karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama.
Demi cita-cita dalam memberantas buta hurup dikalangan tuna netra khususnya di kabupaten bogor jika perlu di seluruh indonesia,” tukas Relief. (Lekat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan