Inilah Aksi Donor Darah Korem 061/Sk ke 10 Kurun Waktu 1 Tahun | Portal Berita Bogor

Inilah Aksi Donor Darah Korem 061/Sk ke 10 Kurun Waktu 1 Tahun

Bogor, Saat ini kebutuhan akan darah di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor sangat tinggi. Oleh karena itu, untuk membantu memenuhi kebutuhan akan ketersediaan darah, maka Korem 061/SK ikut berpartisipasi membantu ketersediaan darah reguler di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bogor dengan menggelar Bakti sosial aksi donor darah, Hal tersebut disampaikan oleh Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. kepada awak media usai memantau pelaksanaan donor darah yang digelar di Aula Makorem, Kamis (9/12).

Kemudian Danrem menjelaskan bahwa kegiatan tersebut selain dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2021 juga untuk membantu PMI Kota Bogor dalam memenuhi stok darah. dan disamping itu, kegiatan donor darah ini merupakan antisipasi stok darah apabila terjadi bencana alam di wilayah Korem 061/Sk.

” Target kami saat ini untuk peserta donor darah reguler yaitu bisa mencapai minimal 1000 orang, yang diantaranya adalah 250 orang dari personil Korem 061/Sk, kemudian dari masing-masing Kodim jajaran Korem sebanyak 150 orang peserta. Untuk kegiatan donor darah di Makorem ini, kami mengajak berbagai pihak untuk ikut serta mendonorkan darahnya, diantaranya yaitu dari Polresta Bogor, Polres Kabupaten Bogor, Yonif 315/Grd, Lanud Atang Sendjaja, Ormas FKPPI, GM FKPPI, Kodim 0606/Kota Bogor, Satpol-PP, kemudian Persit KCK Koorcab Rem dan juga PNS.

” kita ketahui bahwa kebutuhan akan darah di Kota Bogor untuk darah reguler yaitu sebanyak 300 orang per harinya. Maka kita berusaha ikut berpartisipasi dan memberikan perhatian dan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat, untuk sama-sama membantu ketersediaan darah untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju. Dan semoga saja semua ini dapat bermanfaat untuk masyarakat dan khususnya di masa pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya.

Ucapan terimakasih kepada Brigjen TNI Ahmad Fauzi selaku Danrem 061/Sk disampaikan oleh perwakilan dari PMI Kota Bogor yang hadir pada pelaksanaan aksi donor darah di Makorem hari ini, ia mengatakan bahwa ketersediaan darah di setiap rumah sakit yang membutuhkan salah satunya adalah bantuan dari TNI dalam hal ini adalah Korem 061/Suryakancana dan jajarannya.

” Dapat diketahui bahwa saat ini kami terus berusaha untuk mengkaver ketersediaan stok darah baik untuk di wilayah Kabupaten Bogor maupun di Kota Bogor, Pandemi ini memang sangat luar biasa, selama 2 tahun ini kami berusaha untuk dapat mencukupi ketersediaan darah di rumah sakit yang membutuhkan, dan Alhamdulillah karena kami dibantu oleh TNI terkait ketersediaan darah di PMI maka kami bisa mencukupi kebutuhan darah. Oleh karena itu kami atas nama PMI mengucapkan terima kasih kepada Brigjen TNI Achmad Fauzi selaku Komandan Korem atas kerjasamanya dalam setiap pelaksanaan aksi donor darah yang telah membantu kami. Dan perlu diketahui pula bahwa sampai saat ini stok darah atau ketersediaan darah di PMI masih aman, namun kami tidak dapat memprediksi ketika terjadi sesuatu yang memang membutuhkan bantuan darah misalnya bencana alam dan lain sebagainya. Oleh karena itu kami akan terus mengantisipasi itu dengan dibantu oleh TNI.” Ungkapnya.

Bakti sosial aksi donor darah gelaran Korem 061/Sk yang dilaksanakan di seluruh jajarannya, pada hari ini diikuti oleh 1.037 orang peserta, akan tetapi darah yang didapat sebanyak 672 kantong. Hal tersebut dikarenakan adanya berbagai faktor yang menyebabkan sebanyak 365 orang tidak bisa melakukan donor darah. Untuk di Korem sendiri dari 296 orang yang hadir yang lulus skrining yaitu sebanyak 196 orang, sedangkan di seluruh Kodim jajaran Korem 061/Sk dari 741 orang yang yang hadir yang dapat melaksanakan donor darah yaitu sebanyak 476 orang, sedangkan ke 265 orang lainnya tidak dapat melaksanakan donor darah.

Sumber: Penrem 061/SK

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan