Haru Biru Warnai Proses Peresmian dan Penyerahan Kunci Rutilahu oleh Dandim 0621/Kabupaten Bogor | Portal Berita Bogor

Haru Biru Warnai Proses Peresmian dan Penyerahan Kunci Rutilahu oleh Dandim 0621/Kabupaten Bogor

 

BOGOR, BogorBagus.com – Komandan Distrik Militer (Kodim) 0621/Kabupaten Bogor Letkol (Inf) Sukur Hermanto, mewakili Komandan Resort Militer (Korem) 061/Suryakancana, meresmikan sekaligus penyerah kunci rumah tidak layak huni (rutilahu) milik Ibu Rinah, di Kampung Cikempong Totogan RT 02/RW 09 Kelurahan Pakansari Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (7/8/2020).

Dandim 0621/Kabupaten Bogor dalam keterangannya mengatakan, sebelumnya program bedah Rutilahu ini dikerjakan secara gotong royong baik pendanaan maupun pembangunannya.

“Untuk pelaksanaan bedah Rutilahu ini, dikerjakan prajurit Kodim 0621 dengan dibantu masyarakat sekitar, dan dikerjakan selama 10 hari. Sedangkan pendanaannya merupakan program bedah rutilahu dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa,” ujar Letkol (Inf) Sukur Hermanto.

Ia menambahkan alasan memilih rumah Ibu Rinah untuk dibedah karena melihat kondisinya yang sudah tidak layak. Di mana keluarganya kerap tidak bisa tidur nyenyak jika sedang turun hujan.

“Rumah Ibu Rinah di Kampung Cikempong, RT 02/RW 09 Kelurahan Pakansari, Cibinong ini kondisinya memang kurang layak, terutama di musim hujan karena selain atapnya bocor, dinding atas rumah yang terbuat dari bambu juga sudah tak baik,” jelas Dandim.

“Program bedah Rutilahu ini merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Andika Perkasa, yang disampaikan melalui Kodam III/Siliwangi dan Korem 061/Surya Kencana,” kata Dandim 0621.

Peresmian dan penyerahan kunci Rutilahu, dihadiri unsur forkopimda Kabupaten Bogor, di antaranya Kapolres Bogor, Wakil ketua DPRD kab. Bogor, Kadis DKPP, Camat Cibinong, Kapolsek Cibinong, Para Danramil jajaran kodim 0621/ kab. Bogor, Lurah Pakansari, serta Toga dan Tomas setempat.

Sementara di kesempatan tersebut, Ibu Rinah bersama anak-anaknya merasa terharu dan melakukan sujud syukur ketika tirai berwarna putih dibuka. Rumahnya yang dulu semi permanen dan berlantaikan semen kini menjadi rumah ‘gedong’ yang berlantaikan keramik.

“Syukur Alhamdulillah, saya ucapkan banyak terima kasih kepada Kodim 0621, Pemkab Bogor dan pihak lainnya yang membantu,” singkatnya dalam raut muka berbinar penuh haru, nampak kebahagiaan di raut wajah Ibu 57 tahun ini. (lek)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan