Giat Talkshow Sat Lantas Polresta Bogor Kota Sosialisasikan Pasal 293 Ayat 1 dan 2 | Portal Berita Bogor

Giat Talkshow Sat Lantas Polresta Bogor Kota Sosialisasikan Pasal 293 Ayat 1 dan 2

Giat Talkshow Sat Lantas Polresta Bogor Kota Sosialisasikan Pasal 293 Ayat 1 dan 2

Kota Bogor–BogorBagus.com.

Satlantas Polresta Bogor Kota melaksanakan kegiatan Talkshow bekerja sama dengan Radio PRSSNI X-Channel 87,8 FM yang terletak di Jalan Selakopi Sindangbarang, Bogor Barat, Kota Bogor, Selasa 18 September 2018 pukul 09.00 – 10.00 WIB.

Talkshow dipandu Radio Announcer Ka Teni dan Ka Tedy dengan melibatkan Iptu Ni Komang Armini, Brigadir Alex Dani Irawan, Bripda Giska, anggota Lantas Polresta Bogor Kota.

Talkshow dilaksanakan bertujuan untuk mensosialisasikan lalu lintas dengan tema “Bedah Pasal 293 ayat 1 dan ayat 2” dimana isi dari pasal tersebut adalah kewajiban pengendara kendaraan bermotor untuk menyalakan lampu di malam hari, pada kondisi tertentu dan menyalakan lampu sepeda motor di siang hari, dengan pointer pembahasan sebagai berikut:

1. Pasal 293 ayat (1) adalah : Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

2. Pasal 293 ayat (2) adalah : Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah).

3. Yang dimaksud dengan “kondisi tertentu” adalah kondisi jarak pandang terbatas karena gelap, hujan lebat, terowongan, dan kabut.

4. Tujuan dari menyalakan lampu bagi kendaraan bermotor adalah sebagai alat penerangan, alat penanda kendaraan serta sebagai alat komunikasi bagi pengemudi dalam berkendara.

5. Data mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas melibatkan sepeda motor merupakan yang tertinggi dibanding sarana transportasi lain. Dimana beberapa faktornya adalah manusia, kendaraan, sarpras dan cuaca.

6. Menyalakan lampu utama di siang hari atau biasa dikenal daytime running light (DRL) bisa mengurangi potensi kecelakaan, dimana penggunaan DRL mampu mengurangi risiko kecelakaan hingga 20%.

7. Untuk itu, perlu “sistem” yang bisa membantu pengendara aware dengan kondisi lalu lintas, untuk itu manfaat pada siang hari menyalakan lampu berdasarkan hasil survey mengungkap ketika kita berkendara dari arah yang berlawanan ada sinar yang datang, pupil mata akan tertarik (mengikuti atau tertuju ke arah cahaya). Efeknya, si pengemudi menjadi lebih peduli dan perhatian terhadap rangsangan cahaya, dapat pula mengurangi resiko Blind Spot yang ada pada kendaraan.

Diakhir acara tak lupa jajaran Sat Lantas Polresta Bogor Kota menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk turut serta berperan aktif mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019 di wilayah Kota Bogor, dengan tertib berlalu lintas dalam kehidupan sehari hari.

Sumber : Humas Polresta Bogor Kota

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan