Disdukcapil Bersama KPUD Kota Bogor Adakan Perekaman KTP-el Warga Binaan Lapas Kelas IIA Paledang | Portal Berita Bogor

Disdukcapil Bersama KPUD Kota Bogor Adakan Perekaman KTP-el Warga Binaan Lapas Kelas IIA Paledang

 

Kota Bogor – BogorBagus.com.
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bogor bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor, mengadakan perekaman dan cetak KTP-el secara serentak yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Paledang, Jl. Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (17/1/2019) lalu.

Perekeman dan cetak KTP-el dilakukan dalam rangka mensukseskan Pemilu Pileg dan Pilpres tahun 2019. Dimana akan dilaksanakan selama tiga hari dimulai dari tanggal 17 – 19 Januari 2019.

Ketua KPUD Kota Bogor Samsudin, dalam keterangannya mengatakan, prekaman KTP-el dilaksanakan serentak bagi warga binaan atau narapidana (napi) yang ada di Lapas Paledang sebagai pemilik hak pilih pada Pemilu 2019.

“Bagi warga binaan yang belum melakukan perekaman di ketahui sebagai warga kota Bogor secara otomatis menjadi warga kota Bogor. sedangkan warga binaan diketahui sudah melakukan perekaman diluar kota Bogor akan dikoordinasikan dengan KPU tempat asalnya, dan akan kita tindaklanjuti dengan proses pindah pilih,” jelasnya.

Ia juga menerangkan, pada waktuny dapat mencoblos di kota Bogor dengan Form pindah pilihnya, relatif tinggi bahkan mendekati 100 persen, karena dari pemilu ke pemilu relatif kooperatif dan sudah mengetahui hak politik nya.

Namun yang menjadi kendalanya, lanjut Samsudin adalah, agak lama untuk mencari bagi luar pimpinan setelah melakukan perekaman. kalau untuk pimpinan yang belum perekaman ketika data geometriknya kita cari melalui iris maupun sidik jari itu karena datanya belum ada jadi mudah untuk masuk sistem.

“Jadi ketika belum melakukan perekaman memang agak lama karena data seluruh Indonesia kita sinkronkan terlebih dulu satu persatu, ujar Samsudin.

Di tempat yang sama, Kepala Lapas Kelas IIA Paledang Teguh Wibowo menjelaskan, rekam KTP-el di Lapas ini diadakan serentak se-Indonesia.

“Ini sebagai langkah pendataan bagi warga binaan yang memiliki hak politik untuk memilih pada Pemilu 2019 mendatang,” ungkapnya.

Teguh Wibowo menambahkan, perekaman KTP-el dilakukan bekerjasama dengan KPUD, Disdukcapil dan Bawaslu Kota Bogor sebagai pengawas, dilaksanakan selama tiga hari dengan tujuan untuk memastikan warga binaan dapat mengikuti pencoblosan pada pemilu mendatang

“Menurutnya Warga binaan sama kedudukannya dalam hukum, mereka juga memiliki hak politik untuk turut serta dalam Pemilu,” tegasnya. (Adv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan