Dinkes Kab. Bogor Launching Program Aplikasi SITEGAR Terobosan Terbaru dan Inovatif | Portal Berita Bogor

Dinkes Kab. Bogor Launching Program Aplikasi SITEGAR Terobosan Terbaru dan Inovatif

 

CIBINONG – BogorBagus.com.
Dalam upaya untuk terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat serta dalam rangka mendukung program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Bogor, Dinas Kesehatan (DINKES) kabupaten Bogor melakukan terobosan-terobosan baru yang Inovatif, salah satunya dengan meluncurkan satu program terbaru yakni, aplikasi SITEGAR (Sistim Informasi Tempat Tidur Ruangan Rujukan Rumah Sakit).

Launching aplikasi SITEGAR diresmikan secara langsung oleh Bupati Bogor Hj. Ade Yasin, di Halaman Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (06/4/2019).

Dalam sambutannya, Ade Yasin mengungkapkan, untuk menuju kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban, salah satunya dengan karsa Bogor Sehat.

“Menurutnya, dengan Karsa Bogor Sehat tentunya bagamana cara kita ingin meningkatkan pelayananan kesehatan, menambah nyaman masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujar Bupati Bogor.

Dinkes kabupaten Bogor kata Bupati, dalam hal ini sudah menambah jumlah penerima kartu BPJS, bukan berarti bertambahnya orang miskin, akan tetapi kita ingin memaksimalkan pelayanan untuk masyarakat yang tidak mampu dan berkebutuhan khusus. Di mana sebelumnya jumlah penerima sebanyak 500. 000, saat ini sudah bertambah menjadi 700.000 penerima BPJS.

Selain itu, Dinkes juga telah melakukan terobosan terbaru dan inovatif dengan meluncurkan aplikasi sistim informasi tempat tidur ruangan rujukan rumah sakit (SITEGAR).

“Dengan adanya sistem ini, diharapkan masyarakat tidak lagi harus menunggu dan menunggu di mana adanya ruangan kosong dan tidak hanya di satu rumah sakit saja, serta bisa di rujuk kemana saja. Di era digitalisasi ini, kita sudah bisa mengakses mana tempat tidur yang kosong dan di rumah sakit yang mana,” tandasnya.

“Jadi sekarang sudah bisa diakses, gak harus nunggu ruangan kosong di rumah sakit. Dengan aplikasi SITEGAR, kita bisa melihat dan bisa tahu di rumah sakit mana yang kosong tempat tidurnya. Dan yang memberikan rujukan dari Puskesmas pun akan merujuk ke rumah sakit yang memang ada tempat tidurnya,” pungkas Ade Yasin.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan melakukan Sosialisasi dan Simulasi Aplikasi SITEGAR, yang dilaksanakan di area Both Dinas Kesehatan kab. Bogor.

Pada kesempatan tersebut, Drs. Erwin Suriana, M.Si., selaku Sekretaris Dinas Kesehatan kab. Bogor menyampaikan, dengan telah diluncurkannya aplikasi SITEGAR ini, mudah mudahan nantinya bisa terus disosialisasikan kembali kepada masyarakat luas.

“Dikerenakan secara familiar, masyarakat mungkin belum dapat mengakses aplikasi SITEGAR ini. Jadi, sosialisasi akan terus dilakukan dengan berbagai cara agar sampai ke masyarakat,” ujarnya.

Erwin juga mengucapkan Syukur Alhamdulillah, pada hari ini selain launching aplikasi SITEGAR, juga telah diluncurkan Kartu Bogor Sehat. Di mana kartu bogor sehat ini terintegrasi langsung dengan JKN KIS.

“Jadi kartu bogor sehat diperuntukan bagi masyarakat penerima bantuan iuran. Dan mudah mudahan juga dapat dimanfaatkan masyarakat yang mungkin mengalami musibah atau pun sakit, untuk bisa kita lakukan rujukan dari mulai fasilitas kesehatan tingkat pertama sampai ke fasilitas perujukan,” paparnya.

Di kesempatan itu pula, Erwin mengucapkan selamat kepada RSUD Cibinong, yang saat ini telah memiliki pelayanan ESWL. Di mana pelayanan ESWL ini merupakan salah satu pelayanan terhadap penanganan saluran air kencing atau kata lain berkaitan dengan penyakit batu ginjal.

“Oleh karena itu, untuk masyarakat yang mengalami derita dari penyakit batu ginjal silahkan hubungi RSUD Cibinong, yang insya Alloh memiliki metode yang cepat dan tepat,” jelasnya.

Ucapan selamat disampaikan pula kepada RSUD Ciawi, yang saat ini telah memiliki pelayanan jantung terpadu.(Lekat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan