Desa Siaga Tanggap Bencana Desa Bojonggede Terjun Langsung Bantu Warga Terdampak Angin Puting Beliung | Portal Berita Bogor

Desa Siaga Tanggap Bencana Desa Bojonggede Terjun Langsung Bantu Warga Terdampak Angin Puting Beliung

 

Bojonggede, Bogor – BogorBagus.com.
Peristiwa hujan disertai angin kencang, yang terjadi pada hari Selasa (02/4/2019) sekitar pukul 14.30 Wib. menimbulkan kerusakan di beberapa wilayah di sekitaran desa Bojonggede kecamatan Bojonggede kabupaten Bogor.

Khususnya di wilayah RW 9, RW 21, RW 08, RW 07 dan RW 06, yang terdampak langsung dari peristiwa tersebut.

Hal itu, berdasarkan Assesment melalui kajian dan tindakan cepat, yang telah dilakukan langsung oleh pihak Pemerintah desa Boojonggede, di beberapa wilayah yang terdampak musibah.

Menurut keterangan Kepala Desa (Kades) Bojonggede, dampak yang terparah dari peristiwa tersebut ada di wilayah RT 3/RW 8, dengan kerusakan rumah sebanyak 19 rumah, dengan kategori 8 unit rumah rusak berat dan 10 unit rumah rusak sedang, serta 1 unit rumah rusak ringan.

“Sedangkan, untuk total keselurahan kerusakan, sebanyak 30 unit rumah, 5 ruko, 2 bilboard raksasa menimpa mushola di Rw 6 tepatnya di jalan raya Bojonggede,” ungkap Dede Malvina, kepada awak media, Rabu (3/4/2019).

Sejauh ini lanjut Kades Dede Malvina, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Sementara, 1 (satu) orang korban Balita mengalami luka ringan akibat tertimpa reruntuhan bangunan yang berlokasi di RT 3/RW 8 desa Bojonggede,” jelasnya.

“Untuk korban sendiri, sebagai tindakan awal telah kita bawa langsung ke rumah sakit dan pijat patah tulang untuk mendapatkan pengobatan,” imbuh Kades.

Masih menurut Kades, Pemerintah desa Bojonggede melalui Desa Siaga Bojonggede, telah melakukan langkah langkah guna membantu warga yang terdampak bencana.

“Selain melakukan Assesment atau pendataan, kami juga melakukan tindakan sementara, dengan merapihkan puing-puing dan membelikan asbes yang rusak sebanyak 100 lembar, untuk disalurkan kepada masyarakat yang rumahnya terkena musibah puting beliung,” tandasnya.

Hari kedua masuk kepada penyusunan pelaporan kepada Camat dan Pemerintah kabupaten dan melakukan evaluasi secara tertulis antara kades dengan forum desa siaga aktif desa Bojonggede dan Desa tangguh bencana (Destana) untuk mengatasi masalah yang bisa segera dilakukan oleh tim.

(Redaksi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan