Danrem 061/SK di Dampingi Dandim 0621/Kabupaten Bogor Tinjau Langsung Lokasi Bencana Tanah Longsor dan Banjir | Portal Berita Bogor

Danrem 061/SK di Dampingi Dandim 0621/Kabupaten Bogor Tinjau Langsung Lokasi Bencana Tanah Longsor dan Banjir

Danrem 061/SK di Dampingi Dandim 0621/Kabupaten Bogor Tinjau Langsung Lokasi Bencana Tanah Longsor dan Banjir
Kab. Bogor – BogorBagus.com.
Danrem 061/Suryakancana, Kolonel Inf. M. Hasan bersama Dandim 0621/Kab. Bogor, Letkol Inf. Fransisco tinjau langsung lokasi bencana tanah longsor akibat dari curah hujan yang cukup deras dan banjir di wilayah Kecamatan Cisarua, yang merupakan salah satu lokasi dari beberapa Wilayah Kodim 0621/Kab.Bogor, yang terkena musibah bencana, yang terjadi pada Hari Senin (5/2/2018).
Hal tersebut dilakukan Danrem 061 bersama Dandim 0621, untuk melihat dan mengetahui secara langsung kejadian dan kerusakan serta kemungkinan adanya korban jiwa yang diakibatkan oleh bencana tanah longsor dan banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Cisarua.
Berikut rangkuman Data sementara, Bencana tanah longsor dan banjir di beberapa Wilayah Kodim 0621/Kabupaten Bogor, diantaranya:
A. KECAMATAN CISARUA.
1. Di Kampung Citeko Legok RT 01/RW 04, Desa Citeko telah terjadi luapan air kali/selokan yang mengakibatkan air masuk ke rumah-rumah warga.
2. Di jln Raya Puncak, Desa Tugu Utara depan Hotel Green Hill sampai dengan Hotel Pardede telah terjadi tebing longsor dan 4 buah tiang listrik beton roboh sehingga menutup jalan raya puncak.
3. Di Kampung Muara RT 03/RW 04, Desa Kopo, telah terjadi banjir bandang yang mengakibatkan sebagian rumah milik pak Mail terbawa arus. Dan di Kampung Cidokom RT 02/RW 12, Desa Kopo terjadi juga longsor tebing.
4. Di Kampung Batu Kasur RT 01/RW 03, Desa Batulayang juga terjadi bencana banjir bandang yang mengakibatkan 2 buah bangunan rumah milik Roby Johan terbawa hanyut.
5. Kampung Leuwimalang RT 01/RW 01, Desa Leuwimalang telah terjadi bencana bangunan teras Villa Lembah Tirta, milik Rahmat Darwis, terbawa arus luapan sungai Ciliwung sejauh ini secara keseluruhan tidak ada korban jiwa.
B. KECAMATAN MEGAMENDUNG.
1. Di Kampung Situ RT 03/RW 03, Desa Sukaresmi telah terjadi bencana tebing longsor yang mengakibatkan 2 rumah rusak milik Jajang dan Hemi.
2. Kampung Coblong RT 01/RW 02, Desa Sukakarya terjadi bencana tebing longsor yang menimpa rumah milik Sarif.
3. Di Desa Kuta.
-a. Kampung Kuta RT 04/RW 02, terjadi bencana longsor yang menimpa 3 rumah milik Omay dan Ibu Aroh rusak ringan serta rumah milik Sule rusak berat.
-b. Kampung Pakancilan Bawah RT 04/RW 02, telah terjadi bencana tebing longsor yang mengakibatkan akses jalan Desa Kuta tertutup yang kesemuanya tidak ada korban jiwa.
C. LAPORAN DARI KORAMIL CIBUNGBULANG.
Di Kampung Babakan, Desa Cibunian terjadi juga tanah longsor mengenai rumah Asep Roso tidak ada korban jiwa.
Muspika menghimbau kepada pak Roso agar sementara mengungsi di rumah tetangga. Sementara anggota Koramil Cibungbulang bersama warga melaksanakan pembersihan di lokasi longsor.
D. LAPORAN DARI KORAMIL CIAWI.
-a. Telah terjadi tanah longsor mengenai Pondok Pesantren Nurul Quran Mustopa yang berada di Kampung Banen, Desa Cimande Hilir, Kelurahan Caringin.
-b. Terjadi tanah longsor mengenai rumah Amil Ujun di Kampung Leuwikaso, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin.
-c.Tanah longsor juga mengenai rumah Kiding, Usman dan Ido yang berada di Kampung Loji, Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi keseluran tidak ada korban jiwa.
Muspika Ciawi telah mengambil langkah-langkah melaksanakan pembersihan bersama masyarakat di lokasi tanah longsor yang menutupi rumah.
E. KORAMIL NANGGUNG.
Terjadi tanah longsor di ruas jalan menuju Kampung Citalahap lebih kurang 1 km terletak setelah pertigaan Kampung Cisangku, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung.
Upaya pembersihan tanah longsor yang menutupi jalan tersebut di koordinasikan dan di laksanakan oleh PT.Antam bersama BPBD Kab. Bogor dan Muspika Nanggung.
F. LAPORAN KORAMIL CIJERUK.
Telah terjadi tanah longsor yang mengakibatkan jalur Kereta Api putus sepanjang 40 meter dan 3 unit rumah hancur di Kampung Cipaok, Desa Cipicung.
Muspika telah mengungsikan warga  yang terkena musibah tanah longsor di rumah tetangganya dan terkait jalur kereta yang terputus telah di koordinasikan dengan pihak PT. KAI.
G. LAPORAN KORAMIL CIBINONG.
Sekitar 10 unit rumah warga terendam akibat luapan banjir setinggi 1 meter hingga 1.5 meter yang berada di Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong sejauh ini tidak ada korban jiwa.
Untuk Sementara telah diupayakan mengungsikan warga yang terkena banjir sebagai antisipasi kemungkinan luapan air makin tinggi.
H. LAPORAN KORAMIL SUKARAJA.
Luapan banjir telah membuat SMK Master Indonesia yang terletak di Kelurahan Keradenan, Kecamatan Sukaraja terendam banjir setinggi 60 cm. Dengan keadan tersebut untuk sementara siswa/i di liburkan mengantisipasi air meluap.
Informasi sejauh ini akibat bencana tanah longsor dan banjir menimbulkan 3 orang korban, satu (1) orang meninggal dunia atas nama, Lilis binti Dayat. Dan dua (2) orang luka ringan atas nama, Fajril 3 th (Lk) anak almarhumah Lilis, lecet pada bagian kepala serta Hapipih 6 th ( p) luka ringan dikepala, ketiganya merupakan warga Kampung cinyelap RT 01/RW 02 Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas.
Dandim 0621/Kab. Bogor, Letkol Inf. Fransusco dalam keterangannya mengatakan, bahwa dengan kejadian tersebut berbagai Langkah telah Kami ambil yakni, “Melakukan Koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bogor untuk penggunaan Alat Berat, menggerahkan personel untuk membantu membersihkan material akibat longsor yang menutupi jalan serta untuk membantu evakuasi korban,” ungkapnya.
  
Satuan Personil yang kita libatkan diantaranya, 2 SST dari Kodim 0621/Kab.bogor, 2 SST dari Yon Armed 10, 2 SST, dibawah komando Mayor ARM Dafid Alfedo, dari Polres Bogor, 1 SST dan dari BPBD Kabupaten Bogor serta 10 anggota Pol PP Kecamatan Cisarua.
Dandim 0621 menambahkan dengan adanya bencana tanah longsor dan banjir di beberapa Wilayah Kodim 0621/Kabupaten Bogor sejauh ini, “TNI-Polri bersama instansi terkait terus memberikan bantuan untuk melakukan pembersihan, pencarian dan evakuasi,” pungkasnya. (Lekat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan