Yonif 315/Garuda Berkolaborasi Dengan Pemkot Bogor Melaksanakan Bebersih Sampah di Danau Situgede | Portal Berita Bogor

Yonif 315/Garuda Berkolaborasi Dengan Pemkot Bogor Melaksanakan Bebersih Sampah di Danau Situgede

 

KOTA BOGOR – BogorBagus.com.
Situ Gede adalah nama sebuah danau yang terletak di Kelurahan Situgede Kecamatan Bogor Barat Kota madya Bogor. Telaga yang memiliki luas sekitar 6 hektare ini merupakan tempat rekreasi harian bagi warga Bogor. Para pengunjung dapat berwisata, berperahu, memancing atau sekedar berjalan-jalan di kerimbunan hutan.

Tidak berapa jauh dari danau ini terdapat Pusat Penelitian Kehutanan Internasional, Center for International Forestry Research (CIFOR) dan ICRAF, The World Agroforestry Center, Stasiun Klimatologi atau BMKG Dramaga dan Kampus IPB Dramaga.

Posisinya yang berada di sekitar hutan Dramaga menambah kesempurnaan tempat ini. Suasana alam yang natural akan menjadi dorongan dalam mengembangkan beberapa pilihan yang meskinya bisa dipilih sebagai tempat yang harus dikunjungi sebagai objek wisata di Bogor.

Beberapa hal ini akan bisa memberikan pilihan kenyamanan, ketenangan dan kesejukan kondisi udara serta situasi alam yang begitu murni. Akan tetapi kenyamanan itu terasa berkurang karena banyaknya sampah non organik yang bertebaran tak terurus. Sampah tidak hanya berserakan di pinggiran Situ, tetapi juga dibuang didalam Situ.

Pada hari Minggu 10 Maret 2019 dimulai pukul 09.00 telah dilaksanakan kegiatan “Bebersih Situgede”, bertempat di Keluruhan Situgede Kecamatan Bogor Barat. Kegiatan bebersih ini difokuskan pada pembersihan sampah sampah di sekeliling Danau Situgede.

Turut hadir dalam kegiatan bebersih ini Walikota Bogor Bpk. Bima Arya Sugiarto, Dandim 0606/Kota Bogor Letkol Czi Aji Sujiwo, Danyonif 315/Garuda Letkol Inf Thomas Rajunio, B.S, Camat Bogor Barat Bpk. Pupung Purnama Kapolsek Bogor Barat Kompol Sri Sundari, Lurah Menteng dan staf 11 orang, Lurah Cilendek Barat dan staf 10 orang, Lurah Cilendek Timur Dan staf 6 orang, Lurah Curug mekar dan staf 10 orang, AnggotaYonif 315/Grd 30 orang Dpp Letda inf Iwan, Satpol PP 25 orang, Dishub 18 orang, Anggota LH 50 orang, anggota Ormas BBR 75 orang, anggota Polmas 30 orang, anggota Pemuda Pancasila 60 orang, anggota Pramuka 12 orang, Anggota Regacy 15 orang, anggota RAPI 10 orang, anggota pejuang siliwangi 26 orang, anggota LBH 15 orang, anggota FORKAP 15 orang, anggota SIBAK 15 orang serta masyarakat pecinta lingkungan dan kebersihan

Dalam sambutannya Walikota Bogor Bpk Arya Bima Sugiarto menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan Bebersih di Situgede ini adalah agar area telaga ini dapat lebih bermanfaat dan kedepannya akan dijadikannya sebagai tempat yang menjadi salah satu tujuan destinasi Wisata warga Bogor ataupun masyarakat dari luar Bogor. Disini juga akan dibangun Masjid Apung dan jalan disekililing telaga ini baik sebagai sarana transportasi juga dapat digunakan sebagai sarana berolahraga seperti lari atau bersepeda. Dengan adanya rencana pembangunan tempat wisata Situgede ini nantinya, diharapkan akan meningkatkan roda perekonomian warga sekitar dengan membuka warung dan pertokoan di sekitar daerah wisata sehingga dapat meningkatkan pendapatan warga.

Danyonif 315/Garuda Letkol Inf Thomas Rajunio, B.S. yang juga hadir di lokasi kegiatan Bebersih Situgede menyampaikan bahwa Yonif 315/Grd senantiasa akan selalu mendukung program program positif yang digelar oleh Pemerintah Daerah Kota Bogor dengan mengirimkan prajuritnya untuk terjun langsung.

Rencana perbaikan dan pembangunan di Situgede sebagai destinasi wisata Kota Bogor harus kita dukung sepenuh hati karena ini akan berdampak positif bagi roda perekonomian masyarakat sekitar Bogor. Segala bentuk kegiatan bersama seperti yang dilakukan hari ini semoga dapat mempererat dan mengokohkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat serta Pemerintahan Daerah yang semakin solid demi keutuhan bangsa dan negara yang kita cintai ini, pungkas Thomas.

Kegiatan Bebersih Situgede yang diikuti sekitar 450 Orang ini berakhir pada pukul 11.00 Wib dalam keadaan aman. (Y315)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan