Usul 2 Miliar Untuk Relokasi Satu Sekolah, Pemkab Bekasi Malah Telan Anggaran Mencapai 15 Miliar  | Portal Berita Bogor

Usul 2 Miliar Untuk Relokasi Satu Sekolah, Pemkab Bekasi Malah Telan Anggaran Mencapai 15 Miliar 

Usul 2 Miliar Untuk Relokasi Satu Sekolah, Pemkab Bekasi Malah Telan Anggaran Mencapai 15 Miliar 
Usul 2 Miliar Untuk Relokasi Satu Sekolah, Pemkab Bekasi Malah Telan Anggaran Mencapai 15 Miliar

JAKARTA – BogorBagus.com.

Pada tahun 2010, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cibarusah Kota 01 mengalami rusak parah, karena lokasi yang berdekatan dengan sungai Cipamingkis yang terus mengikis keberadaan sekolah tersebut, kemudian keberadaan SDN Cibarusah Kota 01 terancam dan membahayakan siswa-siswi di sekolah tersebut dan diusulkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi untuk merelokasi sebesar 2 Miliar, namun relokasi tersebut justru malah menelan anggaran sebesar Rp. 15 Miliar.

Setelah masalah terkikisnya sekolah SDN Cibarusah Kota 01 tersebut sampai kepada pemerintah pada tahun 2010, Kepala Disdik Kabupaten Bekasi, Rusdi mengusulkan anggaran relokasi sekolah tersebut sebesar 2 Miliar kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi. Namun, proses pelaksanaan relokasi tersebut baru di anggarkan pada tahun 2017 oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Pembangunan Ruang (Dinas PUPR) yang dimenangkan oleh PT. Bayu Sukses Pratama dengan menelan anggaran sebesar Rp7.788.228.000,00 belum termasuk anggaran pengawasan untuk sekolah tersebut yang berhasil dimenangkan oleh PT. Marga Sarana Bhumi menelan Anggaran sebesar Rp. 200.000.000.

Dengan selisih anggaran sebesar 5 Miliar lebih dari usulan Kepala Dinas Pendidikan, relokasi Belum kunjung selesai di tahun 2017, kemudian Pemerintah Kabupaten Bekasi menyiapkan pagu anggaran sebesar Rp. 6.998.357.000,00 untuk tahun 2018.

Kami menilai, relokasi untuk satu sekolah dengan menelan jumlah anggaran sebesar Rp14.986.585.000,00 tersebut rawan terkorupsi. Setelah usulan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan untuk merelokasi sekolah tersebut hanya sebesar Rp. 2 Miliar ini sangat aneh. Proyek yang dikendalikan dibawah Dinas PUPR tersebut sangat besar menalan anggaran.

Selain itu, kami meminta kepada KPK dan BPK untuk melakukan penyelidikan terhadap proyek relokasi sekolah tersebut, agar kemudian diketahui berapa kerugian negara yang diakibatkan oleh proyek relokasi tersebut. Jangan sampai, proyek-proyek yang ada di kabupaten bekasi ini menjadi lahan empuk bagi para koruptor kabupaten bekasi.

Sumber : Wahyudin Jali
Koord. Investigasi Lembaga Kaki Publik
(Lembaga Kajian dan Analisis Keterbukaan Informasi Publik)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan