Tutup Kegiatan Latihan Posko 1, Ini Pesan dan Amanat Danrem 061 Suryakancana Bogor | Portal Berita Bogor

Tutup Kegiatan Latihan Posko 1, Ini Pesan dan Amanat Danrem 061 Suryakancana Bogor

 

BOGOR|BogorBagus.com – Kegiatan latihan Posko 1 (Pos Komando 1) selama tiga hari yang dilaksanakan dalam rangka latihan tugas bantuan kepada pemerintah daerah (Pemda) terhadap penanggulangan bencana alam, banjir dan tanah longsor di wilayah kabupaten Bogor resmi ditutup.

Penutupan kegiatan dilakukan oleh Kasrem Letkol Kav Eko Saptono mewakili Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf Novy Helmi Prasetya, S.IP di Aula Soedirman Makodim 0621/Kabupaten Bogor Jl. Tegar Beriman, Kamis (20/6/2019).

Dalam amanatnya, Danrem 061/Sk mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara, peserta dan pendukung latihan, atas segala partisifasi dalam pelaksanaan latihan ini, sehingga semua kegiatan dapat berjalan baik dan lancar.

Perlu saya ingatkan, penilaian keberhasilan pelaksanaan latihan bukanlah di ukur dari telah berjalannya mekanisme latihan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, melainkan harus di ukur dari bagaimana pelaksanaan latihan Posko 1 dapat mengembangkan serta meningkatkan kemampuan komandan dan staf di dalam menyelesaikan permasalahan yang ditemui, baik secara prosedur komando staf (Protaf) maupun pengendalian operasi saat berlangsung, khususnya pada operasi bantuan kepada Pemda (Pemerintah daerah) di dalam penanggulangan bencana alam yang terjadi.

“Oleh karena itu, pengalaman dan pengetahuan yang didapat selama latihan ini, hendaknya dijadikan referensi guna nantinya dapat diterapkan pada pelaksanaan tugas ke depan,” kata Kolonel Inf Novy Helmi Prasetya, S.IP yang dibacakan Kasrem 061/Sk Letkol Kav Eko Saptono.

“Sedangkan kekurangan dan kelemahan yang ditemukan dalam pelaksanaan latihan agar segera diperbaiki dan disempurnakan, sehingga pelaksanaan tugas ke depan selalu menuju ke arah yang lebih baik,” sambung Kasrem 061/Sk.

Lebih lanjut Danrem 061 menyampaikan, kesiapan satuan dalam pelaksanaan tugas sangat tergantung kepada kemampuan unsur pimpinan dan di dalam satuan.

“Hal ini menandakan untuk dapat membangun kualitas prajurit yang profesional,” tandasnya.

Danrem pun berharap, satuan akan selalu dapat melaksanakan setiap tugas yang diberikan komando atas secara baik dan berhasil apabila para perwira yakni unsur pimpinan dapat menjabarkan setiap tugas menjadi protaf maupun prosedur kerja yang profesional, yang mudah dimengerti dan dapat dilaksanakan oleh setiap prajurit.

Selanjutnya, protaf maupun prosedur kerja operasional tertentu tersebut akan dapat terwujud dan terlaksana melalui latihan latihan yang intensif dan terencana secara cermat.

“Semoga Alloh SWT Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan perlindungan dan bimbingannya kepada kita semua untuk melanjutkan tugas dan pengabdian kita kepada bangsa dan negara yang sama sama kita cintai,” tutur Kasrem mengakhiri amanat Danrem 061/Sk.

Sementara itu, di tempat yang sama Dandim 0621/Kab. Bogor Letkol Inf Harry Eko Sutrisno, kepada awak media sedikit menambahkan, setelah penutupan latihan Posko 1 ini, diharapkan baik komandan Kodim, Kasdim maupun Perwira staf memiliki kemampuan untuk melaksanakan perbantuan kepada pemda Bogor dalam mengatasi bencana alam, banjir dan tanah longsor.

Menurut Dandim, dari kegiatan ini ada suatu program atau produk yang kita hasilkan, yaitu produk rencana operasi ‘Badak Sakti’ 21 Korem 061/Sk, di mana produk ini akan kita simpan di Kodim.

“Jadi, kapan pun, jam berapa pun pemerintah daerah kab. Bogor memerlukan bantuan pasukan untuk mengatasi penanggulangan bencana alam, penyelamatan dan evakuasi korban, kita sudah siap dengan rencana operasi tersebut sehingga semua tim sudah siap untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam,” pungkasnya. (Red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan