Tingkatkan Pelayanan Terhadap ODGJ, Puskesmas Ciangsana Miliki Layanan “Pesat Jiwa” | Portal Berita Bogor

Tingkatkan Pelayanan Terhadap ODGJ, Puskesmas Ciangsana Miliki Layanan “Pesat Jiwa”

 

Kabupaten Bogor – BogorBagus.com.
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor melalui UPT Puskesmas Ciangsana mengadakan kegiatan pelatihan kader kesehatan jiwa (Keswa) dengan tema “Peran Kader Dalam Kesehatan Jiwa”, yang dilaksanakan di Lantai 2 Aula UPT Puskesmas Ciangsana, di Jl. K.H. Rafei Desa Ciangsana Kec. Gunung Putri Kab. Bogor, Kamis (07/2/2019) pukul 09.30 WIB.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Ciangsana dr. Siti Masitoh, MARS, didampingi dr. Nency Ridho, selaku Programer Keswa, dan diikuti 45 kader keswa.

UPT Puskesmas Ciangsana mempunyai wilayah kerja pelayanan di Desa Nagrak, Ciangsana dan Bojong Kulur, dengan jumlah 45 OGDJ yang terdata.

Menurut keterangan Kepala Puskesmas Ciangsana dr. Siti Masitoh, MARS, untuk meningkatkan layanan terhadap ODGJ, UPT Puskesmas Ciangsana telah memiliki layanan inovatif jiwa yaitu Pelayanan Sehat Jiwa (PESAT Jiwa), yaitu sebuah layanan khusus untuk penderita gangguan jiwa.

“Sebanyak 45 kader dilibatkan dan dilatih untuk mendapatkan pengetahuan dasar tentang keswa, peran dan fungsi kader dalam keswa, guna mensukseskan PESAT Jiwa, yang dikemas dalam sesi presentasi materi, simulasi assesment keluarga,” ujarnya.

Kegiatan diakhiri dengan game bermain peran sebagai kader, keluarga dan ODGJ yang di fasilitasi oleh Iyep Yudiana, SKM. MKM., sebagai promotor Keswa RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor.

Diakhir kegiatan pelatihan kader, dilakukan photo bersama dengan jargon yang khas yaitu :
✋Stop Pasung
💪Sehat Jiwa
– Pulih, Mandiri dan Produktif. (*)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan