Tingkatkan Kesejahteraan Prajurit, Danrem 061/Sk Berikan Penyuluhan Tentang Kesehatan | Portal Berita Bogor

Tingkatkan Kesejahteraan Prajurit, Danrem 061/Sk Berikan Penyuluhan Tentang Kesehatan

 

KOTA BOGOR, BogorBagus.com – Danrem 061/Suryakancana Brigjen TNI Achmad Fauzi mengatakan penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang memang paling ditakutkan oleh banyak orang, karena itu berbagai cara banyak dilakukan oleh siapapun untuk menghindari terserang penyakit tersebut, misalnya dengan olahraga maupun dengan program lainnya.

Namun menurut Brigjen TNI Achmad Fauzi, kadang olahraga ataupun program lainnya jika salah dalam pelaksanaannya justru dapat berakibat fatal pada kesehatan jantung itu sendiri, bahkan ada yang sampai mengakibatkan kematian.

“Banyak dari penderita jantung yang meninggal tidak mengetahui bahwa ia terserang jantung Koroner,” demikian disampaikan Brigjen TNI Achmad Fauzi di acara penyuluhan penyakit Jantung Koroner yang dilaksanakan Denkesyah di Makorem 061/Sk, Selasa (8/12/2021).

“Jantung koroner adalah penyakit yang terjadi akibat terhambatnya pasokan darah kaya oksigen menuju otot jantung karena adanya plak pada pembuluh darah jantung atau arteri koroner. Semakin besar plak, semakin sempit pembuluh arteri jantung, sehingga suplai darah menjadi sedikit,” jelasnya.

Danrem 061/Sk menambahkan penyakit jantung koroner disebabkan oleh pola hidup yang salah, di antaranya mengkonsumsi makanan dan minuman yang salah, kebiasaan tidur dan olahraga yang tidak teratur, program diet yang salah, konsumsi obat-obatan tanpa konsultasi dengan dokter, perokok berat, dan lain sebagainya yang akhirnya dapat mengakibatkan kerusakan pada arteri koroner.

Kerusakan arteri, lanjutnya, dapat terjadi terutama disebabkan oleh penumpukan kolestrol di dinding arteri. Kalo itu terus menerus terjadi dan dibiarkan begitu saja maka akan terjadi penumpukan hingga dapat menyebabkan aliran darah ke jantung menjadi terhambat. Oleh karena itu maka sebaiknya kita rubah pola hidup kita dari sekarang, dari faktor makan, kebiasaan tidur dan olahraga yang salah dan sebagainya.

“Mari kita perbaiki apa saja yang selama ini sudah salah kita lakukan. Kita tidak boleh lengah dengan kesehatan tubuh kita. Karena kesehatan adalah faktor utaman yang perlu kita perhatikan. Karena kalau kita sakit, hal apapun akan sulit kita lakukan. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Artinya sebelum sakit lebih baik kita menjaga pola hidup sehat semaksimal mungkin,” pungkasnya.

Sosialisasi/penyuluhan kesehatan menghadirkan Dokter Mona Elga Kailola selaku narasumber dari Denkesyah yang juga memberikan materi terkait kesehatan jantung, yang diikuti kurang lebih 100 peserta, di antaranya para Kasi, Pasiops, Pasipers Korem 061/Sk, Perwakilan anggota Kodim 0606/Kota Bogor, Denpom III-1 Bgr, Balak Ajurem 061/Sk, ASN Makorem 061/Sk seeta Persit KCK Korcab Korem 061/Sk.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan