Tingkat Golput Makin Tinggi, Diduga Kurangnya Sosialisasi | Portal Berita Bogor

Tingkat Golput Makin Tinggi, Diduga Kurangnya Sosialisasi

Tingkat Golput Makin Tinggi, Diduga Kurangnya Sosialisasi

Buleleng, Bali – BogorBagus.com.

Pilgub Bali 2018 yang sudah berlangsung pekan lalu dan mampu menerbitkan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, akan tetapi masih menjadi sebuah pekerjaan rumah bagi para penyelenggara pemilu yang tak lain adalah KPU, meski Koster-Ace menang di beberapa wilayah seperti di Buleleng, namun suara pemilih yang tidak menggunakan haknya mencapai 236.074, jumlah ini terbilah sangat tinggi tingkat golput dari masyarakat

Dengan gencarnya sosialisasi yang dilakukan para penyelengara pemilu dibeberapa Hotel Mewah di Buleleng, namun belum mampu mendorong kesadaran masyarakat yang memiliki hak pilih untuk menyalurkan aspirasinya saat pelaksanaan Pilgub Bali 2018, terbukti dari 560.634 pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Pindahan (DPPh), dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), sebanyak 236.074 pemilih tidak memberikan hak suaranya kepada kedua pasangan calon alias Golput.

Pada Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan hasil Pilgub Bali 2018, yang berlangsung pada Kamis (5/7/2018) di Aula Sekretariat KPU Kabupaten Buleleng, selain DPT berjumlah 555.555, juga ada tambahan pemilih yang mengunakan DPPh sebanyak 622 dan juga pemilih yang mengunakan KTP Elektronik dan Surat Keterangan sehingga tercatat dalam DPTb sebanyak 4.457. Sementara jumlah pemilih yang memberikan hak suaranya dengan datang ke TPS sebanyak 324.560 yang terdiri dari suara sah sebanyak 319.782 dan tidak sah sebanyak 4.778.

“Untuk masyarakat buleleng yang tidak memilih ada 51.6 persen. Kalau saya kaji dari jumlah C6 yang tidak terbagi sangat kecil cuma 2 persen, dengan alasan meninggal dunia, pindah alamat, tidak dapat ditemui serta lain-lain. Artinya 98 persen masyarakat Buleleng yang mendapat C6. Sedangkan yang menggunakan hak pilihnya 58 persen dan sebanyak 40 persen warga yang mendapat C6 tidak menggunakan hak pilihnya. Ini yang perlu dikaji mengapa tingkat partisipasinya belum memuaskan,” papar Gede Suardana Ketua KPU Buleleng.

Kendati tingginya tingkat masyarakat untuk tidak datang ke TPS, Ketua KPU Buleleng Suardana menyebutkan berdasarkan rekapitulasi itu, hampir merata di sembilan kecamatan sebagian pemilih tidak mendatangi TPS untuk menyalurkan hak pilihnya.

“Ini belum kita ketahui, padahal Pemerintah saat pelaksanaannya telah memberikan libur, artinya nanti kita serahkan kepada KPU Provinsi,” dalihnya.

Berdasarkan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan hasil Pilgub Bali 2018, dari 148 Desa dan Kelurahan, pasangan Dr. Ir. Wayan Koster, M.M. dan Dr. Ir. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, M.Si., menang di 138, sedangkan Pasangan Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, S.E., dan Drs. I Ketut Sudikerta unggul di 9 Desa dan Kelurahan.

Sementara, Ketua Komisi II DPRD Buleleng Putu Mangku Budiasa dari Fraksi PDI Perjuangan ketika dikonfirmasi (8/7), kendati Koster-Ace menang ia sangat menyangkan kurang optimalnya penyelenggara Pemilu dalam mensosialisasikan.

“Bukan kami mengatakan penyelenggara tidak bekerja, namun kurang optimal dan kurang maksimal, contoh di Buleleng. Saya rasa tidak sampai 50% masyarakat tersentuh oleh sosialisasi dan informasi dari penyelenggara itu sendiri, sehingga kehadiran dan kesadaran pemilih untuk hadir,” jelas Mangku Budiasa.

Banyaknya masyarakat menyebutkan bosen menggunakan haknya untuk memilih, pentolan di PDI Perjuangan Buleleng inipun berharap peran aktif penyelenggara Pemilu di Pileg dan Pilpres tahun 2019 nanti, pihak KPU agar lebih getol turun bersosialisasi dan memberikan rangsangan kepada masyarakat

”Kedepan kami sangat berharap penyelenggara perlu lebih banyak memberikan Inovasi atau rangsangan kepada masyarakat untuk hadir ke TPS sepanjang tidak menyalahi saya rasa boleh, tetapi kalau dilaksanakan oleh tim pemenang nanti arahnya kepelanggaran. Jadi kalau ini benar dilaksanakan pasti tingkat Golput bisa ditekan secara maksimal. Kami tidak katakan gagal tetapi perlu ada evaluasi,” pungkasnya. (Fito/Lekat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan