Simulasi Gabungan Penanggulangan Bencana Alam Digelar di Wilayah Korem 061/Sk | Portal Berita Bogor

Simulasi Gabungan Penanggulangan Bencana Alam Digelar di Wilayah Korem 061/Sk

Simulasi Gabungan Penanggulangan Bencana Alam Digelar di Wilayah Korem 061/Sk

Kabupaten Bogor-BogorBagus.com.

Bertemakan Waspada Bencana, Korem 061/Suryakancana menggelar latihan gabungan penanggulangan bencana alam di Wilayah Korem 061/Sk tepatnya di Desa Tapos 1 Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jumat (19/10/2018).

Latihan gabungan melibatkan Instansi terkait dan masyarakat guna mengantisipasi dan menanggulangi bencana atau musibah yang kerap terjadi dewasa ini yang tidak bisa diprediksi kapan terjadinya.

Kasrem 061/Sk Letkol Kav Eko Saptono yang mewakili Danrem 061/Sk menyampaikan, kegiatan ini merupakan program Kodam III/Siliwangi yang dilaksanakan oleh satuan teritorial dalam hal ini Korem 061/Sk dimana pelatihan dilaksanakan selama 3 hari dengan pemberian materi teori di Yonif 315/Garuda, dan terahir dilakukan simulasi.

Teori pembekalan diberikan oleh dinas BPBD, Vulkanologi, BMKG, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Dinas terkait lainnya yang berada di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor. Simulasi dipragakan ada bencana gunung meletus di daerah Tenjolaya Kabupaten Bogor dan sebelumnya telah diadakan sosialisasi kepada warga tentang pelaksanaan latihan ini, alhamdulilah warga antusias mengikuti simulasi ini,” ungkapnya.

Tujuan diadakan pelatihan ini adalah secara internal melatih prajurit khususnya prajurit TNI dalam kesiapsiagaannya menghadapi terjadinya bencana dan secara eksternal mensinkronkan sinergitas antara TNI-POLRI berserta seluruh lapisan masyarakat dalam penanggulangan bencana alam.

“Kegiatan kali ini memang sedikit kurang maksimal dikarenakan terkendala peralatan masing-masing instansi. Akan tetapi kegiatan pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar dengan memaksimalkan potensi yang ada,” kata Karem 061/Sk.

Sementara, pelatih Denkesyah 03.04.01 Bogor Kapten Ckm Hendri dan Serma Suryadi sedikit menambahkan apa yang disampaikan Kasrem, bahwa dalam kegiatan penanggulangan bencana kali ini diajarkan pula bagaimana cara mengatasi korban luka akibat bencana dan cara mengevakuasi korban yang mengalami multiple trauma baik luka ringan dan berat.

Warga Desa Tenjolaya merasa berterimakasih dengan adanya pelatihan yang diadakan, jadi tahu bagaimana menanggulangi bencana dan menolong korban sendiri dan keluarga. (Lekat-Penrem 061/Sk).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan