Polresta Bogor Kota Tangkap Pelaku Tindak Pidana Penipuan dan Penggelapan Mobil | Portal Berita Bogor

Polresta Bogor Kota Tangkap Pelaku Tindak Pidana Penipuan dan Penggelapan Mobil

Polresta Bogor Kota Tangkap Pelaku Tindak Pidana Penipuan dan Penggelapan Mobil

Kota Bogor – BogorBagus.com.

Tiga pelaku kasus penipuan dan penggelapan mobil masing masing berinisial AO (41) tahun, N (44) tahun, dan H alias A (45) tahun, berhasil diamankan oleh tim Polsekta Bogor Barat bersama Sat Reskrim Polresta Bogor Kota.

Dari 49 unit mobil yang dilaporkan dalam kasus tesebut, Polisi berhasil mengamankan 28 unit kendaraan mobil berbagai merk yang disita dari berbagai daerah (Bogor dan sekitarnya, Sukabumi dan Cianjur).

“Selain itu, turut diamankan pula surat perjanjian sewa menyewa mobil serta kwitansi pembayaran,” demikian dijelaskan Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol. Ulung Sampurna Jaya, S.I.K., MH saat konferensi pers dengan awak media di Mako Polresta Bogor Kota, Jumat (9/11/2018) pukul 09.00 WIB.

“Modus operandi pelaku dengan menyewa mobil dari berbagai merk sebanyak 49 unit dengan alasan untuk urusan proyek pemda kabupaten bogor dan salah satu LSM. Mobil kemudian digadaikan melalui tersangka N dan H alias A dengan besaran gadai antara Rp. 15.000.000 juta hingga Rp. 60.000.000 juta,” ungkap Kapolresta Bogor Kota.

Kronologis kejadian, terjadi sejak bulan Februari hingga bulan Oktober 2018 pelaku A menyewa 8 unit mobil dari Rental Malehoy Cuy Bogor, kemudian menyewa kembali dari Rental Ruli sebanyak 22 unit mobil, dan menyewa kembali dari Aji Rental sebanyak 19 unit.

Pada hari Minggu, tanggal 21 Oktober 2018, pemilik rental dan pemilik mobil melaporkan pelaku A ke Polsekta Bogor Barat. Dan setelah menerima laporan, pelaku A diamankan pada hari Minggu (21/10/2018) sekira pukul 02.00 WIB.

Kapolresta menambahkan, setelah dilakukan pemeriksaan, pelaku A mengakui akan perbuatannya telah menyewa kendaraan berbagai merk yang selanjutnya digadaikan dan dijadikan jaminan atas pinjaman uang.

“Sementara dari keterangan tersangka N mengakui telah menerima sebanyak 40 unit mobil dari pelaku A dan dijadikan jaminan atas pinjaman uang ke orang lain. Demikian pula keterangan tersangka H alias A mengaku menerima 7 unit mobil dari pelaku A untuk dijadikan jaminan atas pinjaman uang ke orang lain,” ujarnya.

“Hingga saat ini ketiga pelaku masih terus dilakukan proses pemeriksaan dan penyidikan guna pengembangan kasus lebih lanjut yang dimungkinkan masih adanya keterlibatan pelaku lain,” pungkas Kapolresta Bogor Kota.

Atas kejadian tersebut pihak rental Malehoy Cuy, Rental Ruli dan Rental Aji mengalami kerugian yang ditaksir sekitar Rp. 3. 210.000.000,- (Tiga milyar dua ratus sepuluh juta rupiah).

Pelaku dijerat dengan Pasal 372 dan 378 KUHPidana tentang penipuan dan penggelapan, dengan hukuman 4 tahun penjara. (Broolek)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan