Pengacara EWC Layangkan Somasi ke Pihak BZ Mandiri di Jakarta | Portal Berita Bogor

Pengacara EWC Layangkan Somasi ke Pihak BZ Mandiri di Jakarta

Pengacara EWC Layangkan Somasi ke Pihak BZ Mandiri di Jakarta
Pengacara EWC Layangkan Somasi ke Pihak BZ Mandiri di Jakarta

Buleleng, Bali – BogorBagus.com.

Dugaan penipuan terhadap beberapa calon tenaga kerja Indonesia (TKI) oleh salah seorang broker berkedok jasa penyalur TKI dari Jakarta yakni, Bunda Zena (BZ) Mandiri yang akan memberangkatkan sejumlah kandidat calon TKI, kini menemukan titik terang pasca kuasa hukum dari pihak Eka Widya Collage (EWC), Kadek Doni Riana melayangkan somasi kepada pihak BZ Mandiri.

Sebelumnya, polemik dugaan penipuan terhadap beberapa calon TKI ini sempat menyeret-nyeret nama DAS selaku salah satu pendiri EWC. Dari beberapa kali pertemuan, akhirnya terungkap bahwa pihak EWC juga korban penipuan yang diduga dilakukan oleh pihak BZ Mandiri. BZ Mandiri disebut-sebut sebagai biang dari persoalan ini.

Atas dasar itu, Doni Riana selaku kuasa hukum pihak EWC langsung menuju ke Jakarta dan resmi melayangkan somasi pada Senin (10/7) kepada pihak BZ Mandiri. Dalam somasi itu, pihak BZ diminta menjelaskan adanya beberapa kandidat calon TKI yang tidak berangkat hingga jatuh tempo, terkait visa kerja para kandidat, dan beberapa prosedur yang tidak sesuai.

“Kami bertemu dengan buk Zaina di Jakarta dan somasi kami diterima oleh lawyer BZ. Kami beberkan semua dalam somasi itu, yang intinya kami meminta kejelasan keberangkatan daripada kandidat itu, kami pertanyakan itu. Termasuk ada kerugian materiil mencapai Rp1 miliar,” kata Doni Riana, Kamis (12/7).

Somasi yang dilayangkan itu, kata Doni, diterima dengan baik oleh pihak BZ. Bahkan pihak BZ akan mengclearkan persoalan ini satu per satu. Bukan itu saja, BZ Mandiri berjanji akan datang ke Bali memberikan kejelasan persoalan ini. “Sebelumnya EWC terseret atas persoalan ini, sekarang sudah clear. EWC menjamin uang mereka (para kandidat, red) dan komunikasi. BZ janji akan datang ke Bali,” jelas Doni Riana.

Dari kedatangan pihak EWC bersama dirinya, Doni juga menemukan 5 orang kandidat calon TKI yang sebelumnya difasilitasi oleh pihak EWC ke BZ Mandiri terkatung-katung di Jakarta. “Kami juga tanyakan itu. Dari pihak BZ, janji akan memberangkatkan 5 kandidat itu terhitung 45 hari kedepan, harus dengan sesuai aturan,” ungkap Doni.

Doni kembali menegaskan, dengan telah clear-nya persoalan ini maka pihak EWC sudah lepas sebagai fasilitator. Artinya, para kandidat kini sudah berhubungan langsung dengan pihak BZ. Dimana sambung Doni, dari hasil pertemuan dengan pihak BZ disebutkan bagi para kandidat yang ingin mundur, dana yang pernah disetor akan dikembalikan.

Begitu juga yang sempat mundur jika ingi kembali berangkat, dari pihak BZ akan menerima. Dan Doni Riana sebagai kuasa hukum mengaku, akan mengawal proses ini. “Anak yang sebelumnya dirugikan, semua BZ ambil alih sekarang ini. Bagi yang mau mundur termasuk 5 orang yang ditampung, dana akan dikembalikan. Begitu juga yang sempat mundur ingin berangkat, BZ akan menerima kembali,” ujar Doni Riana.

Untuk itu Doni Riana berharap, agar persoalan ini segera selesai dengan benar. Artinya, semua yang telah dijanjikan pihak BZ Mandiri bisa ditepati dalam waktu yang ditentukan. Dan somasi itu agar ditepati paling lambat 14 hari. “Jika ada persoalan lagi, saya selaku kuasa hukum akan membackup kandidat itu. Mudah-mudahan komitmen itu bisa dipegang BZ, sehingga tidak berujung ke proses hukum,” pungkas Doni Riana. (Red/Fito)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan