Kabupaten Bogor Terpilih Menjadi Salah Satu Daerah Gerakan Menuju Smart City | Portal Berita Bogor

Kabupaten Bogor Terpilih Menjadi Salah Satu Daerah Gerakan Menuju Smart City

 

JAKARTA, BogorBagus.com – Terpilihnya Kabupaten Bogor jadi salah satu daerah gerakan menuju 100 Smart City. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor sebagai leading sektor, diberikan kepercayaan dan kesempatan melakukan pameran smart city selama tiga hari 4-6 November 2019 di Balai Sudirman Jakarta.

Hal itu, menjadi momen Diskominfo kabupaten Bogor untuk menunjukan berbagai inovasi daerah berkaitan dengan smart city yang telah dicapai.

Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi dan Data Diskominfo Kabupaten Bogor Marjati menerangkan, melalui pameran smart city, kabupaten Bogor terpilih menjadi salah satu dari 75 kabupaten/kota se Indonesia yang terpilih dalam gerakan menuju 100 smart city. Di mana dalam pameran tersebut, setiap daerah berkesempatan menunjukan berbagai inovasi yang telah dilakukan sebagai bukti konsistensi dan keseriusan masing-masing daerah dalam mengembangkan serta mewujudkan smart city.

“Inovasi yang dipamerkan terbagi dalam enam pilar yang merujuk kepada visi dan misi Kabupaten Bogor dalam rangka mencapai tujuan Pancakarsa, yaitu smart governance yang terdapat sembilan program salah satunya pembangunan sistem keuangan desa online. Smart living terdapat delapan program terealisasi diantaranya peningkatan managemen sakit melalui inovasi Aplikasi Pengendalian Mutu dan Pengendalian Biaya,” paparnya.

Lanjutnya, untuk smart society tedapat sembilan program yang terealisasi salah satunya program pengelolaan sampah dengan membangun aplikasi terpadu informasi sampah. Smart economy terdapat empat program terealisasi diantaranya pembangunan website UMKM sebagai wadah data UMKM Kabupaten Bogor dan media bagi UMKM untuk mempromosikan produknya.

“Sedangkan smart environment terdapat sembilan program terealisasi antara lain program peningkatan kesiapsiagaan bencana dengan kegiatan mitigasi dan pemantauan daerah rawan bencana, dan smart branding terdapat enam program terealisasi salah satunya branding the city of sport and tourism,” jelas Marjati.

“Dengan adanya gerakan smart city, diharapkan muncul inovasi- inovasi di kabupaten Bogor baik yang berbasis teknologi informasi ataupun bukan, yang bertujuan untuk peningkatan layanan publik dan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemkab Bogor,” tandasnya.

Sementara itu, Kabid E-Government Diskominfo Kabupaten Bogor, Ernaningsih menuturkan, sangat bangga terhadap kepercayaan yang diberikan Pemerintah Pusat kepada kabupaten Bogor masuk sebagai bagian daerah yang akan dijadikan pengembangan menuju 100 Smart City.

“Kami sangat bangga bisa diberikan kesempatan untuk mempublikasikan berbagai inovasi yang dicapai Pemkab Bogor melalui pameran ini,” ucapnya.

Selain pameran kegiatan, sambung Marjati, ini juga merupakan acara evaluasi tahap dua smart city.

“Alhamdulilah, dari tahap satu ke tahap dua telah banyak perkembangan lebih baik untuk sukses menuju Kabupaten Bogor Smart City,” tutup Erna.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan