Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Sosialisasikan Program Kawasan Tanpa Rokok (KTR)

NASIONAL222 Dilihat
banner 468x60

Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Sosialisasikan Program Kawasan Tanpa Rokok (KTR)

Cibinong – BogorBagus.com. –

banner 336x280

Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, mengadakan kegiatan Talk Show Interaktif, dengan Tema Lebih Keren Tanpa merokok, yang merupakan program Pemerintah Daerah, tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), pada anak remaja di Yayasan Al Huda. Acara dilaksanakan di Aula, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Citra Husada, Yayasan Al Huda Cibinong, Jalan Raya Bogor KM. 43, Rabu (22/11/2017), dimulai pukul 07.00 WIB. hingga selesai.

Menurut keterangan Kasie Promkes, Dinas Kesehatan, Kabupaten Bogor, Dewi Dwinurwati kegiatan ini bertujuan:
1.Tersosialisasinya Perda No. 8 tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).
2.Menurunkan angka perokok pemula dikalangan remaja (anak sekolah). 3.Dapat berkelanjutan dan berkesinambungan kegiatan yang mendukung KTR,” tuturnya.

Dewi juga menambahkan, kegiatan yang mengangkat Tema “Lebih Keren Tanpa Merokok” ini dalam pesan moralny, di fokuskan pada 3 hal:
1. Lakukan aktifitas fisik. 2.mengkonsumsi sayur dan buah.
3. rutin check kesehatan.
Sasarannya kepada semua pihak, baik masyarakat luas pada umumnya, dan terutama di lingkungan dunia Pendidikan, baik dari Tingkat Dasar, Menengah hingga Tingkat Atas,” ujarnya pula.

“Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari berbagai kegiatan yang kita laksanakan, dalam rangka peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN), ke-53, 12 November 2017, lalu.
Berbagai Kegiatan diantaranya: Senam bersama di GOR Pakansari (12/11), Seminar Diabetes di LIPI (18/11) dan Sosialisasi KTR (22/11) serta Sosialisasi tentang HIV Aids di Cigombong, (30/11) mendatang,” imbuh Dewi.

Lebih Jauh Kasie Promkes, memaparkan, Dalam berbagai rangkaian kegiatan tersebut, “Kita dari Insan kesehatan Kabupaten Bogor, mengadakan berbagai lomba di antaranya: Lomba volley putra/i, paduan suara, Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS) dan futsal putra/i yang di ikuti seluruh insan kesehatan, baik dari Dinkes, Puskesmas, Rumah Sakit Negeri maupun Swasta,” tutup Dewi.

Kegiatan Talk Show Interaktif kali ini, dihadiri, Kepala Seksie, Promkes, Dinkes Kab. Bogor, Dewi Dwinurwati, Wakil Kepala Sekolah SMK Kesehatan Citra Husada Cibinong, Dra. Gemi Trisyani dan Wakil dari Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Dr. Rohani Budi Prihatin, MSi., selaku Narasumber di acara tersebut.

Serta diikuti 200 Siswa/i SMK Kesehatan Citra Husada Cibinong, SMK Manunggal Cibinong, SMA Citra Madani Cibinong dan Siswa/i STM Tridaya yang merupakan Sekolah-sekolah milik Yayasan Al Huda, Cibinong.

Sementara menurut Wakil dari Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Dr. Rohani Budi Prihatin, MSi., kepada BogorBagus.com., mengatakan, “Bahwa Kabupaten Bogor, merupakan Kabupaten terpadat, dengan jumlah penduduk kurang lebih 5,2 juta jiwa. Pada dunia pendidikannya baik dari tingkat Dasar, menengah dan Atas sudah mencapai 5 persen (%) sudah merokok. Untuk itu program Kawasan Tanpa Rokok, sangat perlu diSosialisasikan dan terpenting lagi diterapkan aturan yang sudah di atur dalam Perda KTR No. 8 tahun 2016. Jadi bagi pelanggar, dikenakan sangsi atau hukuman dengan hukuman Tindak pidana Ringan (Tipiring),” ungkapnya.

Budi sapaannya, pada intinya, “Sangat mendukung program yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), terutama di dunia Sekolah (pendidikan), agar melindungi generasi muda dari dampak asap rokok serta dapat mencegah bertambahnya perokok pemula di kalangan remaja yang merupakan target potensial bagi industri rokok saat ini,” tukasnya.(Lekat)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan