Bahas Pertumbuhan Wisata di Jawa Barat, DPD ASIDEWI Jabar Gelar Silaturahmi dan Raker | Portal Berita Bogor

Bahas Pertumbuhan Wisata di Jawa Barat, DPD ASIDEWI Jabar Gelar Silaturahmi dan Raker

 

BANDUNG, BogorBagus.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Desa Wisata atau ASIDEWI Provinsi Jawa Barat menggelar silaturahmi dan rapat pengurus yang diselenggarakan di Coffe Toffie Bandung, Rabu (12/1/2022).

Acara silaturahmi dipimpin langsung oleh Ketua DPD ASIDEWI Jawa Barat Maulidan Isbar, S.Par yang dihadiri segenap pengurus dan koordinator Asidewi Jawa Barat sebanyak 27 orang.

Agenda rapat membahas terkait program kerja dan aktivitas selama satu periode ke depan, setelah hampir satu tahun terhambat dikarenakan Pandemi Covid-19.

 

Selain itu acara ini juga merupakan ajang silaturahmi kembali bagi setiap pengurus dan koordinator Asidewi Jawa Barat untuk terciptanya kebersamaan dan kesepahaman agar tercapainya tujuan organisasi.

Dalam pemaparannya Ketua ASIDEWI Jabar Maulidan Isbar, S.Par mengungkapkan akan pentingnya kebersamaan dan ingin merajut kembali cita-cita dari Asosiasi Desa Wisata agar tercapainya tujuan organisasi.

Di kesempatan tersebut Maulidan Isbar juga menyampaikan visi, misi dan grand design arah gerak Asidewi ke depannya, agar dapat membantu pelaku usaha di bidang pariwisata dan meningkatkan jumlah Desa Wisata di Jawa Barat.

“Pedesaan mutlak menjadi penggerak perekonomian, untuk itu ASIDEWI Jawa Barat akan membantu menggerakan ekonomi di Jawa Barat melalui bidang pariwisata di seluruh desa,” kata Maulidan Isbar di hadapan seluruh pengurus dan anggota.

Pria yang akrab disapa Aa Lidan ini menambahkan, akan ada banyak desa wisata baru di Jawa Barat untuk membantu menggerakan ekonomi di masyarakat.

Menurutnya, saat ini sudah ada sekitar 70% desa yang menjadi embrio bagi pertumbuhan desa wisata di Jawa Barat, dan baru sekitar 1% desa wisata yang sudah mandiri dan maju dalam pengelolaannya.

“Kenyataan ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua untuk sama-sama membangun desa wisata di setiap kabupaten dan kota di Jawa Barat,” ucap Aa Lidan.

Ia juga menegaskan saat ini Jawa Barat memiliki target 1 tahun akan ada 15 Desa Wisata baru yang terbentuk, sehingga ia berharap dalam jangka waktu 2 tahun ke depan sudah terbentuk minimal 30 Desa Wisata baru.

“Yang jelas desa wisata yang sudah terbentuk harus terus berkembang, sehingga ada progres dalam setiap desa wisata yang sudah terbentuk,” tegasnya.

Dikatakannya pula bahwa pengembangan dan potensi desa wisata merupakan cikal bakal tingginya penggerak perekonomian dan produktifitas masyarakat desa menjadi lebih mandiri.

“Jadi, dari desa kita membangun ekonomi kerakyatan yang menopang kehidupan pedesaan,” harapnya.

“Dengan terselenggaranya acara Silaturhami dan Raker kali ini, Asidewi Jawa Barat bisa menjadi solusi bagi stakeholder terkait dan masyarakat, khususnya di lingkungan pariwisata,” tutupnya.

Acara Silaturhami dan Raker diisi dengan makan siang bersama dilanjutkan dengan diskusi dari setiap bidang terkait pengembangan serta memformulasikan visi, misi dan grand design yang sudah dibuat bersama. Dan diakhiri dengan sesi foto bersama dan ramah tamah.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan