Antisipasi Meningkatnya Tindak Kekerasan Anak di Masa Pandemi, Dinsos Adakan LK3 Go To LKS | Portal Berita Bogor

Antisipasi Meningkatnya Tindak Kekerasan Anak di Masa Pandemi, Dinsos Adakan LK3 Go To LKS

 

BOGOR, BogorBagus.com – Di masa Pandemi Covid 19 tidak menutup kemungkinan tumbuhnya tindak kekerasan terhadap anak-anak, baik yang dilakukan oleh orang dewasa maupun teman sebaya. Hal ini bisa dilihat dari pengaduan-pengaduan yang masuk ke Dinas Sosial Kabupaten Bogor melalui Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3). Kondisi ini cukup memprihatinkan dan tentunya memerlukan keterlibatan berbagai Sektor dalam penanganannya.

Di sisi lain kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan metode Tatap Muka akan segera dimulai, hal ini mendorong Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor melalui LK3 melaksanakan kegiatan LK3 Go To LKS (Lembaga Kesejahteraan Sosial) yang menyelenggarakan usaha kesejahteraan sosial bagi anak-anak Yatim dan Terlantar.

“Adapun kegiatan ini merupakan satu upaya Preventif dari suatu tindak kekerasan terhadap anak di lingkungan LKS khususnya, dan lingkungan pada umumnya,” demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor DR. Mustakim, S.Pd., M.M., dalam sambutannya di LKS Darussalam Kecamatan Caringin, Selasa (8/6/2021).

Kadinsos juga menyampaikan bahwa Bupati Bogor telah meluncurkan program Beasiswa bagi 1200 Anak-anak berprestasi yang siap melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi sesuai dengan minat dan bakatnya. Oleh karena itu ambil kesempatan ini untuk merubah dan menggapai cita-cita untuk hidup lebih baik di masa depan.

“Kita Boleh Terlahir dari keluarga Tidak Mampu, tapi memiliki kesempatan yang sama untuk meraih mimpi dan hidup bahagia. Oleh karena itu ambil kesempatan ini, salah satunya melalui kemampuan menjadi penghafal Al Qur’an,” tegas Kadinsos di hadapan peserta LK3 Go To LKS.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial (Dayasos) Dinsos Kabupaten Bogor Drs. Dian Mulyadiansyah, M M., dalam keterangannya menjelaskan kegiatan LK3 Go To LKS ini berlangsung selama 2 hari, dimulai tanggal 7 dan 8 Juni 2021 yang dilaksanakan di dua tempat berbeda yakni di LKS Darussalam Kecamatan Caringin, dan LKS Nurul Yakin Kecamatan Ciampea.

Kegiatan LK3 Go To LKS kali ini, lanjut Dian, mengusung tema “Lindungi Anak dari Tindak Kekerasan”, dengan menghadirkan praktis-praktis Pekerja Sosial Anak sebagai nara sumber dan Team LK3 dalam Dinamika kelompoknya.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan seperti ini tidak ada lagi Perundungan atau Buli dan tindak kekerasan lainnya terhadap Anak di lingkungan mereka,” tandasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan