Ajak Pelanggan Kenali Penyebab Gangguan Suplai Air, Wujud Komitmen PDAM Tirta Pakuan | Portal Berita Bogor

Ajak Pelanggan Kenali Penyebab Gangguan Suplai Air, Wujud Komitmen PDAM Tirta Pakuan

 

KOTA BOGOR – BogorBagus.com.
Sebagai perusahaan penyedia air bersih di Kota Bogor, PDAM Tirta Pakuan memiliki kewajiban dan komitmen untuk dapat mendistribusikan air kepada pelanggan. Namun di waktu-waktu tertentu aliran air bersih ke pelanggan kurang lancar, sehingga aktivitas sehari-hari sedikit terganggu.

Penyebab:

1. Jam puncak pemakaian.
Kondisi jam puncak pemakaian air ini biasanya terjadi pada jam-jam tertentu, saat banyak pelanggan menggunakan air pada waktu yang bersamaan, yakni pukul pukul 05:00 s/d 08:00 dan 16:00 s/d 20:00 WIB. Aliran air yang biasanya mengalir deras akan mengecil, bahkan terkadang terhenti total selama beberapa saat. Jam puncak pemakaian juga di pengaruhi oleh wilayah pelanggan. Apalagi bila pelanggan tinggal di wilayah dengan lokasi yang lebih tinggi, pengaruh dari jam puncak pemakaian air akan terasa.

2. Kebocoran Pipa.
Kebocoran pipa dapat menyebabkan gangguan suplai air bersih ke pelanggan. Petugas harus menghentikan suplai air sementara kepada pelanggan, agar perbaikan kebocoran dapat segera dilakukan. Dalam memperbaiki pipa yang bocor, terkadang petugas harus menunggu air surut terlebih dahulu agar perbaikan dapat dilakukan secara maksimal.

3. Pekerjaan Proyek.
Terkadang saat akan menyambungkan pipa atau pekerjaan lain yang sejenis, petugas PDAM juga harus menghentikan suplai air sementara kepada pelanggan, agar pekerjaan tersebut hasilnya lebih optimal.

4. Kekeruhan Air Baku dan Sampah.
Kekeruhan Air Baku dan sampah jadi sering menjadi faktor utama gangguan pelayanan PDAM, terutama untuk pelanggan di zona III dan IV. Ketika hujan deras di daerah hulu Sungai Cisadane, air baku mendadak menjadi sangat keruh dan penuh sampah. Ini menjadi kendala bagi sistem pengolahan di instalasi pengolahan air (IPA) Dekeng dan Cipaku, karena bak filter penuh lumpur, dan harus lebih sering dikuras. Akibatnya, pasokan air bersih dari IPA Dekeng dan Cipaku menuju Reservoir Cipaku, Pajajaran dan Merdeka berkurang. Secara langsung, ini berdampak pada gangguan pasokan ke rumah-rumah pelanggan.

Untuk itu, PDAM Tirta Pakuan menghimbau pelanggan untuk selalu menyediakan tampungan air dalam mengatasi kondisi gangguan suplai seperti ini.

“Fungsi dari tempat penampungan air ini cukup penting dalam menjaga ketersediaan air yang akan digunakan dalam kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Setidaknya pelanggan terbantu saat alami gangguan suplai,” ujar R. Poppi Rustanti, Asisten Manajer Humas PDAM Kota Bogor.

Khusus untuk pelanggan yang mengalami gangguan suplai air, dapat menghubungi melalui Call Center 24 Jam di nomor 0251-8324111.

Broolek/pdamkotabogor.go.id

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan