Wadanramil 2106 Cileungsi Kabupaten Bogor Pimpin Operasi Pembersihan Sampah | Portal Berita Bogor

Wadanramil 2106 Cileungsi Kabupaten Bogor Pimpin Operasi Pembersihan Sampah

Wadanramil 2106 Cileungsi Kabupaten Bogor Pimpin Operasi Pembersihan Sampah

Cileungsi, Bogor – BogorBagus.com

Komando Rayon Militer (Koramil) 2106 Kecamatan Cileungsi, melaksanakan kegiatan Bhakti TNI 2018 berupa Operasi bersih. Yakni pembersihan sampah pasar, di Kampung Cikalagan, RT. 02/RW 11, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jumat (12/1/2018).

Kegiatan operasi bersih tersebut dilakukan berawal dari kunjungan Dandim 0621, Kabupaten Bogor, Letkol Inf Fransisco beberapa waktu lalu, yang melihat adanya beberapa tumpukan sampah di buang oleh masyarakat tidak pada tempatnya, sehingga numpuk dan menimbulkan bau tak sedap.

Melihat keadaan tersebut, Dandim memerintahkan Danramil untuk berkoordinasi dengan pihak Muspika Cileungsi untuk melakukan penanganan segera terkait permasalahan sampah tersebut. Dengan melaksanakan kegiatan pembersihan lokasi dari sampah yang numpuk dan berserakan.

Saat di hubungi Media BogorBagus.com, Via pesan singkat Whatsapp, Jumat (12/1), Komandan Distrik Militer (Dandim) Kodim 0621 Kabupaten Bogor, Letnan Kolonel Infantri Fransisco menyampaikan, “Aksi peduli menjaga lingkungan tidak harus terfokuskan pada satu tugas Dinas Kebersihan saja, akan tetap sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama. Tumpukan-tumpukan sampah yang tersebar di beberapa pojok kota masih sering kita lihat, ini terjadi karena kesadaran warga terhadap kebersihan lingkungan masih sangat kurang,” tuturnya prihatin.

“Mungkin mereka akan Sadar bila bencana itu datang dari ulah ketidak pedulian Dan baru akan menyatakan kesadaran setelah bencana terjadi”.

Dandim juga menambahkan, “Sangat mengapresiasi Aksi peduli sampah yang di lakukan anggota Koramil 2106 Cileungsi, yang di gelar bersama Unsur Muspika dan masyarakat. Hal tersebut merupakan salah satu wujud nyata kepedulian dan kemanunggalan TNI, dengan harapan warga yang belum sadar akan menjadi sadar dan mau menjaga alam mulia ini dari membuang sampah tidak pada tempatnya,” ujar Fransisco.

Dengan menggunakan berbagai alat kerja, seperti: Cangkul, Sapu lidi, Pengki dan Plastik kantong ukuran besar, Operasi pembersihan sampah dilaksanakan, yang dipimpin langsung Wakil Danramil 2106 Kecamatan Cileungsi, Kpt Inf. Tasimun bersama 20 orang anggota Wanra dan melibatkan berbagai unsur terkait, diantaranya: 15 orang anggota dari Polsek Cileungsi, 10 orang anggota Satpol PP kecamatan Cileungsi, Staf Desa dengan dibantu warga masyarakat setempat dan sekitar 20 orang dari Yayasan Muhammadiyah serta tak ketinggalan sekitar 20 orang Siswa/i dari SMP Sejahtera Cileungsi.

“Alhamdulillah Pelaksanaan operasi pembersihan sampah berjalan dengan baik dan lancar penuh rasa gotong royong yang tinggi,” demikian yang disampaikan Wadanramil Kapten Inf. Tasimun di sela-sela pimpin kegiatan operasi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Cileungsi, Reinaldy Yusab Fiansyah, S.Sos., Wakapolsek Cileungsi AKP. Wagiman, SH., Ka. Pasar Tohaga Cileungsi, Komara serta Babinsa Cileungsi, Pelda. Mamat. R dan Babinsa Cileungsi Kidul, Pelda. Edi Nuryo Utomo.

Wadanramil menambahkan, berbagai hasil yang di capai hari ini, “Kita berhasil membersihkan sampah sampah yang berceceran di samping kiri-kanan jalan. Sedangkan bagian gundukan sampah atau tumpukan sampah sejauh ini belum bisa terbuang, disebabkan alat yang kurang mendukung, harus dengan alat berat. Namun hal tersebut sudah kita koordinasikan ke pihak Kecamatan dalam hal ini Camat Kecamatan Cileungsi,” imbuhnya.

Pada Kesempatan tersebut, Kapten Inf. Tasimun juga menghimbau, “Kepada seluruh warga masyarakat, agar meningkatkan kesadarannya untuk tidak membuang sampah di sembaranh tempat, karena akan menjadi bibit sumber penyakit. Mari kintai alam dan lingkungan agar tetap hijau dan bersih,” pungkas Wadanramil. (Lekat)

CoinBulb

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan